Ini Alasannya Kenapa Anda Selalu Lapar

REDAKSIRIAU.CO - Selalu ada keinginan untuk mengunyah sesuatu, apapun jenis makanannya.

  

   Namun, sebelum Anda menambah berat badan dengan pilihan makanan yang tak ada habisnya, ketahui kenapa Anda selalu merasa lapar.

Loading...

  

   Seperti dilansir dari Thesun.co.uk pada hari Kamis (24/3/2016), simak lima alasan berikut ini.

  

   Kate Hudson Bergabung dengan Michael Kors Lawan Kelaparan 1. Memakan banyak karbohidrat Shona Wilkinson, seorang ahli nutrisi mengatakan, bahwa memakan karbohidrat sebagai makan malam dapat membuat Anda lebih cepat lapar keesokan harinya.

  

   Ketika kita mengonsumsi karbohidrat dengan jumlah yang banyak dalam satu waktu, ini akan terserap cepat ke dalam tubuh menjadi gula.

  

   Ketika tubuh memiliki kadar gula darah yang tinggi, insulin bekerja lebih berat, sehingga memicu rasa lapar yang lebih tinggi lagi. Anda bahkan bisa bangun tengah malam dan merasa kelaparan.

  

   Untuk menghindari hal ini, kurangi konsumsi karbohidrat murni secara berlebihan, dan pilih menu makanan dengan kadar karbohidrat cukup yang dikombinasikan dengan protein baik seperti ikan, ayam dan juga porsi sayuran yang banyak. Dengan begitu, karbohidrat dapat dicerna lebih pelan dan diserap perlahan, sehingga Anda merasa kenyang lebih lama.

  

   2. Anda butuh istirahat Dengan kesibukan pekerjaan sehari-hari, waktu tidur pasti menjadi salah satu hal yang dikorbankan. Tanpa disadari, waktu tidur yang sedikit membuat Anda lebih cepat lelah, dan cepat lapar.

  

   Sebuah penelitian menemukan, waktu tidur yang sedikit mengurangi produksi hormon leptin, yang dapat mencegah rasa lapar. Selain itu, kebiasaan ini juga meningkatkan hormon ghrelin, yang memicu rasa lapar. Maka tak heran, kekurangan tidur dapat membuat rasa lapar yang tinggi.

  

   Jika Anda kesulitan tidur di malam hari, ahli nutrisi menyarankan Anda untuk mengonsumsi suplemen yang mengandung magnesium. Benda ini dapat membantu Anda melemaskan otot dan syaraf Anda sehingga bisa istirahat lebih cepat.

  

   3. Kurang air putih Terkadang, rasa haus sering disalah artikan sebagai rasa lapar. Banyak dari kita, terlalu cepat merespon rasa haus dengan segera mencari makanan atau cemilan, padahal yang kita butuhkan hanya asupan air yang cukup.

  

   Shona menjelaskan, air dibutuhkan oleh sel tubuh untuk mengolah nutrisi makanan yang kita makan, dan bila kita kekurangan nutrisi, tubuh akan memberi sinyal untuk mencari lebih banyak makanan. Ini adalah alasan lainnya mengapa Anda harus meminum air tiap saat, bukan hanya ketika Anda merasa lapar atau haus.

  

   Meminum air saat menyantap makanan juga dapat membuat tubuh cepat kenyang. Cara ini membantu menjaga kadar lapar pada tubuh. Tapi yang perlu diperhatikan, hindari meminum air terlalu banyak di saat sebelum, sedang, atau sesudah makan, hal ini berbahaya bagi sistem pencernaan Anda.

  

   4. Menjelang menstruasi Ini merupakan hal wajar yang sudah banyak diketahui orang. Namun, walau kita sedang di dalam hormon yang tidak stabil, ada baiknya tetap makan pada kadar yang cukup, dan diimbangi dengan mengonsumsi suplemen yang dapat menyeimbangkan kadar glukosa darah.

  

   Agar kadar gula darah tetap normal, disarankan untuk lebih banyak memakan menu kaya protein, sehingga mengurangi konsumsi karbohidrat yang terlalu banyak. Selain itu, kadar kafein dan alkohol yang tinggi dapat memengaruhi hormon juga, sehingga sebaiknya hindari dua hal tersebut.

  

   5. Anda makan untuk dua orang Sangat masuk akal ketika wanita memiliki nafsu makan yang besar di kala hamil. Namun ahli mengatakan, itu bukan berarti Anda dapat memakan makanan cepat saji dua kali lebih banyak.

  

   Lebih baik, pilih makanan yang sehat

Ikuti Terus Redaksiriau.co Di Media Sosial

Tulis Komentar


Loading...