Wardan Terancam Tidak Dapat Dukungan Parpol Pada Pilkada 2018

REDAKSIRIAU.CO, INDRAGIRI HILIR - Semakin hangatnya persaingan untuk mendapatkan perahu partai menuju Pilkada 2018, M Wardan terancam tidak mendapat dukungan Parpol pada Pilkada 2018 mendatang.

Indikasi itu makin terlihat dengan manuver Parpol belakangan ini, dimana mereka lebih mengutamakan untuk mengusung kader sendiri. Ungkapan tersebut disampaikan Herinaldi, mantan anggota DPRD Inhil periode 1999-2004, kepada gaungriau.com, Selasa (29/3/2016).

Loading...

Ia mengungkapkan, kondisi itu dipersulit dengan komunikasi dirinya yang tidak terlalu baik dengan pimpinan Parpol selama ini.

"HM Wardan bukan berasal dari Parpol, saat menjabati Bupati  tidak berusaha untuk menjadi ketua partai, kecuali belakangan ini coba merebut Golkar. Makanya, dilegislatif Wardan  sering jadi bulan-bulanan mereka," ujarnya.

Ia mencatat lima besar partai pemenang Pemilu di Inhil sudah ada jagoan sendiri. Misalnya PKB, jauh hari ketua DPC Dani M Nursalam sudah mengeluarkan statemen akan mengusung kader sendiri. Sejauh ini nama yang mencuat adalah Abdul Wahid dan Dani sendiri.

Sementara itu Golkar kemungkinan juga sulit untuk kembali mendukung. Baru coba untuk merebut Ketua DPD Golkar Inhil, gejolak sudah sedemikan kuat dimana sebagian besar PK kecamatan menolak untuk dipimpin HM Wardan. Tentunya riskan sekali kalau Golkar tetap ingin mengusung.

Begitu juga dengan PDIP. Meskinya sebelumnya bersaman PAN, PKS dan Golkar mereka adalah partai pengusung Wardan, 2018 hampir pasti mereka tidak sejalan. PDIP dengan tegas telah mengatakan siap untuk mendukung kader sendiri.

"Retaknya hubungan mereka, dikarenakan banyak komitmen yang dijanjikan saat PDIP mengusung yang tidak terealisasi. Hal itu menyebabkan kader partai sangat kecewa," ujar Herinaldi.

Sementara itu Demokrat sudah pasti akan mengusung H Samsudin Uti. Meski sudah dua kali kalah. Lewat jalur KONI, ia intens turun ke pelosok desa di Inhil.

Sedangkan PPP, kemungkinan kali tidak mencoba untuk mengusung kader sendiri. Paska mereka kalah pada Pilkada kemarin, PPP tidak mampu memunculkan tokoh yang siap bersaing. "PPP akan merapat kesalah satu jago yang diusung empat partai tadi," ujarnya.

Herinaldi melanjutkan, memang masih ada partai yang memiliki kursi di legislatif, seperti PAN, PKS, Nasdem, PBB, Hanura dan Gerindra. Kalau memang mampu dirangkul seluruhnya, lebih dari cukup untuk  mengusung Wardan.

"Kelemahan Wardan selama ini kurang mampu menjalin komunikasi. Makanya dilegislatif dia sering jadi bulan-bulanan anggota dewan," ujarnya.

Ikuti Terus Redaksiriau.co Di Media Sosial

Tulis Komentar


Loading...