Bupati Inhil Hadiri Acara Deklarasi Laporan Harta Kekayaan

Bupati Inhil saat menghadiri acara semiloka koordinasi dan supervisi pencegahan korupsi
REDAKSIRIAU.CO, PEKANBARU - Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Provinsi Riau HM Wardan hadiri acara semiloka koordinasi dan supervisi pencegahan korupsi dan deklarasi laporan harta kekayaan calon Kepala Daerah, di Balai Serindit gedung daerah Provinsi Riau, Rabu (2/12/2015).

Dalam acara yang dimulai sekira pukul 09:00 WIB tersebut tampak hadir beberapa pejabat pemerintah diantaranya, Perwakilan Deputi Pencegahan KPK RI Zulkarnain, Deputi Kepala BPKP Bidang Pengawasan Keuangan Daerah Dadang Kurnia, Plt Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rahman , Plt Sekdaprov Riau, Kepala Perwakilan BPBP Riau Sueb Cahyadi, Ketua KPU Riau Nur Hamin, Bupati Kabupaten Inhil HM Wardan serta Walikota.

Diadakannya acara ini bertujuan untuk melakukan pencegahan Tindak Pidana Korupsi (Tipidkor) di lingkungan pemerintah pusat hingga daerah, oleh karena itu pemerintah Provinsi Riau, bekerja sama dengan Komisi Pembrantasan Korupsi (KPK) untuk mendeklarasikan laporan harta kekayaan calon kepala daerah.

Loading...
Plt Gubernur Riau (Gubri) Arsyadjuliandi Rahman dalam pidatonya mengatakan, bahwa KPK dan BPKP Riau telah melakukan MoU yang dilaksanakan di dua Kabupaten yaitu Kabupaten Inhu dan Kabupaten Bengkalis, kegiatan pemeriksaan ini akan dilakukan setiap tahunnya dengan meluncurkan tim untuk?mengatasi wabah tidak baik yang ada di tubuh Instansi serta Pemerintahan.

"Akan ada nantinya tim dari aksi pencegahan dan pemberantasan Korupsi yang akan diturunkan terhadap daerah akan ditinjau." Ujar Plt Gubri tersebut.

Pada kesempatan yang sama, Deputi Pencegahan KPK RI Zulkarnain, mengatakan pencegahan bisa dilakukan dari bawah, Good and Clean Government nya memang harus benar-benar terjadi.

"Caranya dimulai dengan harus terbuka, tidak ada yang ditutupi, karena kalau ada yang tertutup, berarti dia (tim pencegahan dan pemberantasan, red) tidak mengikuti UU."

Sedangkan Bupati HM Wardan yang saat itu berkesempatan hadir mengatakan hal ini sangat penting, karena dengan adanya pembahasan seperti ini, maka Kabupaten Inhil bisa melakukan pencegahan terhadap tindakan-tindakan yang bertentangan dengan hukum.

"Kita memandang dengan sangat positif, mudah-mudahan akan memberikan kebaikan bagi kita semua." Sebut Wardan.

Selain itu, Sebutnya lagi, Kegiatan tersebut merupakan upaya pemerintah agar para kepala daerah tidak keliru dalam mengambil kebijakan, sebagaimana tujuan pemberantasan korupsi atas perintah presiden.

Ikuti Terus Redaksiriau.co Di Media Sosial

Tulis Komentar


Loading...