Lapas Pekanbaru Gelar VCT dan Skrining IMS untuk Cegah Penularan HIV

REDAKSIRIAU.CO.ID - Lapas Kelas IIA Pekanbaru bekerja sama dengan tim medis dari Puskesmas Sapta Taruna Kecamatan Bukit Raya Kota Pekanbaru, menggelar pencegahan penularan penyakit HIV/AIDS dan Infeksi Menular Seksual (IMS), Kamis (26/10).

Sebanyak 11 warga binaan mengikuti Voluntary Counselling and Testing (VCT) dan pemeriksaan kesehatan (skrining).

"Kegiatan ini sebagai salah satu upaya deteksi dini sekaligus pemenuhan hak warga binaan untuk mendapatkan layanan kesehatan yang baik," kata dr Yulia dari tim medis Lapas Kelas IIA Pekanbaru.

Loading...

Yulia menjelaskan, proses skrining HIV/AIDS dan IMS ini dilakukan dengan cara mengambil sampel darah dari warga binaan.

Kemudian bagi warga binaan yang hasil skriningnya positif langsung diarahkan untuk menjalankan metode perawatan Care Support Treatment (CST).

"CST adalah perawatan yang melibatkan suatu jejaring sumberdaya dan pelayanan serta dukungan secara holistik, komprehensif dan luas untuk ODHA (Orang Dengan HIV Aids)," kata Yulia.

Melalui kegiatan ini, pihaknya berharap ada upaya intensif dari semua pihak  guna mengurangi penularan dan penambahan jumlah kasus HIV/AIDS terutama bagi warga binaan Lapas Pekanbaru.

"Lebih baik memeriksakan diri sedini mungkin sehingga penanganannya bisa cepat dilakukan," kata Yulia.

Pada kegiatan ini, tim medis turut memberikan pengarahan dan edukasi tentang pentingnya menjaga kesehatan agar warga binaan dapat menerapkan pola hidup sehat dan memiliki risiko yang rendah terhadap penularan HIV-AIDS dan IMS lainnya. (mcr/ragil)

Ikuti Terus Redaksiriau.co Di Media Sosial

Tulis Komentar


Loading...