Begini Cara Kampus di Riau Perkuat Kemitraan dengan Perusahaan

REDAKSIRIAU.CO.ID - Univeritas Lancang Kuning mengadakan Fokus Group Discussion (diskusi kelompok terumpun) dalam rangka penyusunan panduan kemitraan dalam mendukung MBKM. Acara ini dibuka oleh Rektor Unilak Prof Dr Junaidi SS MHum, Jumat (20/10/2023).

Kegiatan penyusunan panduan kemitraan ini penting dan strategis dalam rangka memperkuat kerja sama Unilak dengan pemerintah, dunia Industri, BUMN, asosiasi lembaga profesi untuk mendukung program Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

Sebagimana diketahui Unilak di tahun 2023 ini telah melakukan penandatanganan kerjasama lebih dari 30 dengan mitra. Saat memberikan arahan, Junaidi mengatakan, hadirnya narasumber Dr Sri Suharti dari IPB tentu kita belajar dan pengalaman yang bisa dipelajari.

Loading...

"Saya memang telah berpikir dan telah menyampaikan ke yayasan untuk memperkuat peran Wakil Dekan III di lingkungan Unilak. Ini dilakukan untuk memberi ruang lebih dan gerak cepat dalam bidang kerjasama dengan mitra, peran WD III juga ada unsur marketing, marketing bagi Unilak," ucap Prof Junaidi.

Sementara itu, Dr Sri Suharti dalam materinya menyampaikan, perguruan tinggi harus membuat dokumen kerjasama, ada MOU, MOA, SPK dengan mitra. Dengan kerja sama yang dilakukan dengan mitra, maka kampus bisa mendapatkan prioritas utama untuk dapat diterima oleh mitra, seperti kerja sama untuk magang mahasiswa, penelitian dan lainnya.

"Dalam kerja sama ini, kita harus juga menyampaikan, bahwa dalam pelaksanaan bentuk kerja sama magang kerja bagi mahasiswa, maka mitra juga perlu menyediakan supervisor/pendamping, kemudian mitra juga harus memberikan jaminan ketenagakerjaan sesuai UU," ucapnya.

"Jika kampus melakukan kerja sama dengan perusahaan besar, maka kiranya perlu membuat masa kerja sama dalam tempo yang lebih lama," ucap Dr Sri.

Pelaksanaan FGD berlansung selama sehari, dalam FGD juga diselingi dengan dialog dan tanya jawab. Pada kesempatan itu Rektor Unilak turut memberikan cendramata kepada Dr Sri Suharti. (MCR/Ragil)

Ikuti Terus Redaksiriau.co Di Media Sosial

Tulis Komentar


Loading...