1.031 Titik Panas Masih Muncul di Sumatera

Ilustrasi

REDAKSIRIAU.CO.ID - Jumlah titik panas (hotspot) di wilayah Sumatera mencapai 1.031 titik panas, pada Minggu (1/10/2023).

“Jumlah 1.031 titik panas di Sumatera ini memang mengalami penurunan dari 1.492 titik panas sehari sebelumnya,” kata Forecaster BMKG Pekanbaru, Moh Ibnu A.

Meskipun menurun, angka ini masih tergolong tinggi. “Oleh karena itu, diperlukan tindakan antisipasi (titik panas menjadi titik api, red) dan penanggulangan karhutla,” jelasnya.

Loading...

Dari 1.031 titik panas di Sumatera tersebut, Sumatera Selatan (Sumsel), Jambi, dan Lampung masih menjadi provinsi penyumbang titik panas terbanyak.

Berikut adalah sebaran titik panas di beberapa wilayah Sumatera, yakni Sumatera Selatan 824 hotspot, Jambi 81 hotspot, Lampung 72 hotspot, Bangka Belitung 35 hotspot. Lalu, Bengkulu 8 hotspot, Riau 7 hotspot, dan Sumatera Barat 4 hotspot.

“Untuk Riau terdapat 7 titik panas yaitu Kampar 2 hotspot dan Rokan Hilir 5 hotspot,” tukasnya. 

Sebagian Wilayah Riau Berpotensi Hujan Sore hingga Malam Hari

BMKG Pekanbaru merilis prakiraan cuaca untuk wilayah Riau pada Minggu (1/10/2023). Peramal cuaca BMKG Pekanbaru Moh Ibnu A mengatakan bahwa pada pagi hari ini udara di Riau kabur dan cerah berawan.

Dengan potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang tidak merata terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Indragiri Hilir, Indragiri Hulu, Kuantan Singingi dan Pelalawan. Sedangkan siang harinya cerah berawan - berawan tanpa potensi hujan.

“Sore hingga malam harinya berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang tidak merata terjadi di sebagian wilayah Rokan Hilir, Rokan Hulu, Kampar, Siak, Pelalawan, Kepulauan Meranti, Bengkalis, Dumai dan Pekanbaru,” jelasnya.

Dini hari kembali cerah berawan-berawan tanpa potensi hujan. Untuk suhu udara berada diantara 22.0 – 34.0 °C, dengan kelembaban udara 55 – 98 %. Arah angin bertiup dari Tenggara – Selatan / 10 – 30 km/jam.

“Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0,50 – 1,25 m (Rendah),” jelasnya. (MCR/Ragil)

Ikuti Terus Redaksiriau.co Di Media Sosial

Tulis Komentar


Loading...