Wakili OSN dan FLS2N ke Tingkat Provinsi, SMP Swasta Ekadura Lestari Borong Prestasi

REDAKSIRIAU.CO.ID, ROKAN HULU – sebanyak sebelas siswa SMP Swasta Ekadura Lestari berhasil meraih juara dan penghargaan mulai dari Olimpiade Sains Nasional (OSN) Bidang Matematika, Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) cabang Tari Kreasi, dan Olimpiade Sains Hardiknas (OSH) Nasional bidang Matematika, IPA, IPS, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan PKN. SMP Swasta Ekadura Lestari sendiri merupakan sekolah binaan PT Ekadura Indonesia di Kelurahan Kota Lama, Kecamatan Kunto Darussalam.

“Alhamdulillah, peserta didik kami menorehkan prestasi. Kami ucapkan selamat untuk peserta dan pembimbingnya, semoga prestasi bisa menjadi pemicu dan pemacu peserta didik untuk terus berprestasi memajukan sekolah,” terang Mawaddah, Kepala SMP Swasta Ekadura Lestari.

Tiga orang siswa menjadi perwakilan dan juara OSN Bidang Matematika Kabupaten Rokan Hulu. Mereka adalah Gebriel George Rodeardho (juara 1), Aulia Fatir Fahlevi Siregar (juara 3), dan Devie Grezia Nopelia Saragih (juara 4). Ketiganya akan melanjutkan perjuangan di ajang OSN bidang Matematika tingkat Provinsi pada Juni mendatang.

Loading...

Di ajang lomba lainnya, SMP Swasta Eka Dura Lestari berhasil menyabet juara pada FLS2N cabang Tari Kreasi. Tiga orang siswi yang tergabung dalam grup “Pucuk Capo” menjadi perwakilan dan juara FLS2N adalah Atikha Syifany, Nazwa Aulia dan Riana Marlia. Grup yang dibimbing oleh Kusnanto Dwi Tunggal berhasil juara dengan menampilkan tari kreasi bertajuk “Tampih Rokan” yang mengusung tema identitas budaya masyarakat tepian sungai Rokan. Tari Tampih Rokan lebih mengangkat identitas masyarakat Desa Kota Lama Kecamatan Rokan Hulu yang guyub dan rukun.

Sungai Rokan merupakan sungai terbesar di Riau yang melintas sejauh 350 kilometer dari Pegunungan Bukit Barisan, di Rokan Hulu hingga ke hilirnya di Rokan Hilir, sampai bermuara di Selat Malaka. Sebagai sungai terbesar, Sungai Rokan memainkan peranan penting sebagai lalu lintas penduduk dan sumber ekonomi masyarakat.

Selain itu, SMP Swasta Eka Dura Lestari juga meraih penghargaan emas, perak, dan perunggu pada Olimpiade Sains Hardiknas (OSH) Nasional.

Riana Marlia meraih medali emas OSH bidang IPA. Sementara, Kitri Anisah Lubis meraih medali emas OSH bidang Bahasa Indonesia. Medali perak masing-masing disumbangkan oleh Muhammad Rayhan Murasya (Bahasa Indonesia) dan Devie Grezia Nopelia Saragih (Matematika). Sementara Gebriel George Rodeardho Purba (Matematika), Frans Marvel Sipangkar (Bahasa Inggris), Hulman Caesar Gulo (IPS) dan Putri Pratami (PKN) meraih medali perungggu.

“Semangat para siswa dan guru pembimbing dalam mengikuti berbagai ajang lomba tidak terlepas dari motivasi manajemen PT Eka Dura Indonesia,” ungkap Mawaddah.

Karenanya, sekolah yang dipimpinnya mampu menorehkan banyak prestasi walaupun dunia baru saja melalui pandemi yang membuat langkah para siswa sedikit terbatas.

Pelaksanaan OSN, FLS2N, maupun OSH dilakukan secara berjenjang mulai seleksi tingkat Madrasah/sekolah, seleksi tingkat Kabupaten, seleksi tingkat Provinsi, dan seleksi tingkat Nasional. OSN diadakan oleh Pusat Prestasi Nasional Kementrian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi RI. diikuti oleh 3.407 partisipan se-Provinsi Riau. Sementara OSH diadakan oleh Pusat Kejuaraan Sains Nasional (Puskanas) yang diikuti oleh 16.284 peserta se Indonesia.

“Semoga dapat menginspirasi seluruh guru dan siswa untuk terus belajar dan berkarya untuk masa depan bangsa Indonesia,” pungkasnya.

Sumber : bertuahpos.com

Ikuti Terus Redaksiriau.co Di Media Sosial

Tulis Komentar


Loading...