Normalisasi Sungai Sail Sangat Mendesak

Pemko Pekanbaru Jangan Cuma Berpangku Tangan

REDAKSIRIAU.CO.ID, PEKANBARU — Pemko Pekanbaru diminta untuk tidak hanya diam dan berpangku tangan dengan masalah banjir yang selalu menghantui warga di saat musim hujan. Salah satu solusinya, normalisasi Sungai Sail dianggap suatu hal yang mendesak.

Hal ini diungkapkan oleh Anggota Komisi IV DPRD Kota Pekanbaru Roni Pasla, Minggu, 10 Oktober 2021. Dia melihat, selama ini Pemko Pekanbaru akan kocar kacir jika sudah banyak rumah warga terendam banjir saat hujan turun.

“Pemko Pekanbaru jangan nunggu ada banjir baru ada aksi, terutama PUPR harus ada antisipasi dimana titik-titik yang rawan banjir,” kata

Loading...

Dia menambahkan, Pemko Pekanbaru sejak awal seharusnya telah mempersiapkan berbagai strategi penanganan terhadap masalah banjir di ibu kota Provinsi Riau ini. Dengan kata lain, tidak hanya sebatas menunggu Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) untuk melakukan normalisasi sungai.

Roni juga mengingatkan kejadian kelam yang mana akibat luapan Sungai Sail ada ratusan rumah yang terendam banjir selama beberapa hari kembali terjadi lagi di Pekanbaru. “Normalisasi ini sangat ditunggu, apalagi normalisasi Sungai Sail sudah sangat mendesak,” tegasnya.

Sementara itu lanjut politisi PAN ini, Pemko Pekanbaru harus menjemput bola atau terus menjalin komunikasi dengan mendesak BWSS untuk segera melakukan normalisasi Sungai Sail dengan segera.

Pada Maret 2021, banjir yang disebabkan meluapkan aliran Sungai Sail ini merendam ratusan rumah yang ada di Jalan Dwikora dan juga berada di daerah Sungai Batak.

Sungai Sail dan juga beberapa sungai serta anak-anak sungai yang ada di Kota Pekanbaru memang sudah mengalami pendangkalan dan penyempitan, dari itu normalisasi sungai mutlak harus segera dilakukan sehingga sungai bisa menampung air, baik yang berasal dari hujan lokal maupun air kiriman. 

BERTUAHPOS

Ikuti Terus Redaksiriau.co Di Media Sosial

Tulis Komentar


Loading...