Luhut Sebut Indonesia Dihadapkan dengan Masalah Baru Selain Covid-19, Statusnya Sama – Sama Darurat

 REDAKSIRIAU.CO.ID, PEKANBARU — Luhut Binsar Pandjaitan — Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi — mengungkapkan, pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat ini tidak hanya dihadapkan dengan masalah Covid-19.

Pemerintah, kata dia, kini tengah dihadapkan pada masalah lain yang berkaitan dengan kesehatan, dimana, secara status, sama daruratnya dengan Covid-19.

Menurut Luhut, masalah darurat ini juga harus diselesaikan agar tak mengancam kesehatan masyarakat. Masalah darurat di sektor kesehatan yang dimaksud Luhut, adalah limbah medis bahan berbahaya beracun atau B3.

Loading...

“Limbah B3 yang dihasilkan selama pandemi Covid-19 harus segera ditangani. Pemerintah akan bekerjasama dengan pabrik semen di beberapa wilayah untuk memusnahkan limbah B3 medis,” tuturnya

 

Menurutnya, soal B3, pemerintah memandang bahwa ini masalah yang darurat sehingga juga perlu mendapat penanganan segera. Presiden Jokowi kata Luhut, telah meminta agar penanganan limbah medis segera ditangani secara serius, sistematis, dan cepat.

Luhut menjelaskan kenapa menggandeng pabrik semen. Kata dia tungku pembakaran/kiln semen bisa mencapai suhu di atas 1.200 derajat celcius.

“Kita akan siapkan incinerator pengolah limbah B3 yang akan ditempatkan di lokasi prioritas, serta mempersiapkan anggaran untuk penanganan limbah B3 medis darurat,” ujar Luhut dilansir dari siaran pers di laman Kemenkomarves pada Rabu, 4 Agustus 2021.

Ada beberapa lokasi prioritas untuk penanganan limbah B3 medis Covid-19 in. Terdapat 15 provinsi yang sampai saat ini belum memiliki jasa pengolah limbah B3. Sehingga limbah harus diangkut ke provinsi terdekat yang telah memiliki fasilitas pengolahan.

“Untuk menjamin kelancaran inisiatif ini, akan diadakan sinkronisasi data timbulan limbah B3 medis Covid-19 serta jumlah limbah yang belum mampu diolah,” tambah Luhut. (betuahpos

Ikuti Terus Redaksiriau.co Di Media Sosial

Tulis Komentar


Loading...