Peraturan Permainan Baseball dalam Pertandingan

Ilustrasi,Int

REDAKSIRIAU.CO.ID - Baseball atau bisbol merupakan sebuah jenis olahraga tim di mana ini adalah permainan antara 2 tim dan seperti pada jenis olahraga apapun, tentu ada peraturan permainan baseball sendiri yang perlu untuk diketahui.

Sama halnya seperti aturan permainan softball dan juga permainan olahraga lainnya, baseball memiliki peraturan yang wajib diketahui serta ditaati oleh setiap pemainnya.

Loading...

Lapangan dan Posisi Pemain Tim Defense

Hal dasar tentang aturan permainan baseball yang perlu diketahui adalah bahwa lapangan baseball berbentuk ¼  lingkaran. Ada 9 pemain untuk masing-masing tim offense (penyerang) dan tim defense (bertahan). Tim bertahan pada umumnya adalah tim tuan rumah dan hal ini dilakukan pada awal pertandingan sebagai mulanya permainan. 

Kesembilan pemain defense atau bertahan harus menempati posisi yang sudah diatur oleh timnya, yakni 4 orang pemain (baseman pertama, kedua dan ketiga, berikut shortsop) ada di wilayah infield atau area pertahanan dalam/depan, 3 orang pemain lainnya (left-fielder, center-fielder, dan right-fielder) harus berada di area outfield atau pertahanan belakang, serta 2 pemain sisanya seperti pitcher harus ada di tengah infield dan harus berdiri tepat di atas Pitcher’s Mount dan sementara itu pemain catcher bisa duduk berjongkok tepat di belakang homeplate dan wajib untuk menciptakan jarak antara 18,5-19 meter berhadapan dengan pitcher.

Untuk tim offense alias tim lawan, posisi di lapangan harus ada di luar atau pada sisi lapangan dan berada pada tempat masing-masing (dugout).

Nantinya, tim offense atau pemukul bisa maju satu-satu bergantian sesuai urutannya untuk memukul dalam memulai permainan sambil menempatkan diri di dalam batter’s box pada bagian sisi homeplate. Kemudian dari situlah pemain bisa berupaya memukul bola sebaik mungkin yang mengarah pada area permainan agar tim defense tak mampu menangkap bola hasil pukulan pemain tim offense.HIT adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan kondisi di mana Base dihasilkan dari pukulan bola yang tak disebabkan oleh kesalahan atau error dari tim bertahan. Begitulah seterusnya dan berlaku juga untuk pemukul selanjutnya.

Strikes

Untuk aturan strikes pada permainan baseball, ada 3 kali kesempatan yang bakal diberikan kepada setiap pemukul untuk dapat memukul bola yang dilemparkan oleh pitcher. Apabila dalam 3 kali kesempatan pitcher bisa sukses melempar bola dan masuk ke dalam strike zone tanpa pemukul mampu memukulnya, pemukul akan dinyatakan langsung OUT.

 

Baserunning

Tiap kali pemukul atau hitter sudah memukul bola ke arah wilayah permainan dan kemudian lanjut menjadi baserunner atau pelari. Pemukul yang berhasil memukul bola harus berusaha berlari dengan cepat dan sekencang-kencangnya menuju base di mana tentunya seharusnya bisa sebanyak dan sejauh base yang pemukul mampu selama pemain defense dalam proses menangkap dan mengontrol bola yang dipukul oleh pemukul tadi dan melakukan lemparan kembali ke pemain defense lainnya dalam usaha membuat runner OUT.

Apa yang dimaksud Balls Dalam Pertandingan Baseball?

Aturan selanjutnya adalah mengenai balls dan karena bola strikes kerap terlalu gampang untuk hitter pukul secara sukses, pitcher kadang akan melempar bola di luar zona strike demi mengelabui pemukul yang akhirnya otomatis pemukul akan melakukan ayunan pukulan.Hanya saja trik tersebut tidaklah disarankan untuk digunakan berlebihan sebab bila pitcher sudah sampai 4 kali dalam melakukan lemparan dengan model tersebut dan tak mempan dalam mengelabui si pemukul, otomatis sesudah 4 balls, pemukul akan diperbolehkan langsung menuju base pertama. Aturan ini artinya pemukul tak harus memukul bola lebih dulu untuk menuju base karena sudah langsung diperbolehkan di mana ini adalah keuntungan untuk si pemukul.

Demikianlah Artikel mengenai Baseball semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan pengetahuan Anda mengenai Permainan Baseball. Nah untuk info menarik lainnya seputar baseball terbaru Anda bisa kunjungi Ini fayetteville swamp dogs

Ikuti Terus Redaksiriau.co Di Media Sosial

Tulis Komentar


Loading...