Diminta Waspada Varian Delta, Pemprov Riau Siapkan Tes Swab Ulang di Bandara

REDAKSIRIAU.CO.ID  Pekanbaru - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mewanti-wanti tujuh provinsi di luar Pulau Jawa, salah satunya Riau, terkait penyebaran virus COVID-19 varian Delta. Pemprov Riau mengatakan sudah melakukan antisipasi.

"Kita sejak awal sudah mewanti-wanti itu. Pak Menkes itu memberikan wanti-wanti untuk kasus Mei lalu, memang di Riau itu ada B117," ucap Kapala Dinas Kesehatan Riau, Mimi Yuliani Nazir, kepada detikcom, Rabu (7/7/2021).


Mimi mengatakan kasus Corona varian baru terdeteksi pada Mei 2021. Saat itu, ada seorang kapten kapal asal India yang positif COVID-19 ketika berlabuh di Dumai.

Loading...

Setelah pemeriksaan lebih lanjut, kapten kapal tersebut dinyatakan positif COVID-19 varian B117. Semua kontak erat kapten kapal juga telah diperiksa secara ketat.

     

 

"Kita waktu itu periksa semua yang kontak erat, mulai sopir, perawat, ABK, petugas di pelabuhan diperiksa. Hasilnya ada positif COVID-19, tetapi bukan varian baru," kata Mimi.

Selain itu, dia mengatakan Gubernur Riau telah membuat kebijakan baru bagi seluruh warga yang datang lewat pesawat ke Riau. Dia mengatakan penumpang pesawat yang tiba di Pekanbaru wajib mengikuti tes swab ulang di Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru.

Baca juga:Gubernur Aceh Teken Aturan PPKM Mikro, Ngumpul di Atas 10 Orang Dilarang

"Orang datang dari bandara di-swab ulang, itu salah satu upaya kita. Makanya bapak Gubernur buat kebijakan, siapa saja yang masuk swab ulang," katanya.

Mimi menyebut belum ada lagi kasus COVID-19 varian baru yang terdeteksi di Riau. Dia juga mengingatkan warga untuk selalu waspada dan mematuhi protokol kesehatan.

Sebelumnya, Menkes Budi mewanti-wanti tujuh provinsi di luar Pulau Jawa soal penyebaran virus Corona varian Delta. Salah satunya Riau.

"Jadi ada beberapa provinsi yang sudah saya minta untuk segara dilakukan genome sequencing yang lebih ketat sama seperti yang kita lakukan sebelumnya, untuk mengamati apakah memang penyebaran ke sana juga terjadi. Ada dua provinsi di Kalimantan yang saya minta untuk diperiksa, yaitu Kalimantan Barat dan Kalimantan Timur, dan ada empat provinsi di Sumatera, yaitu Kepulauan Riau, Riau, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, dan Lampung, ada lima, yang memang pola penyebarannya perlu kita antisipasi dengan lebih hati-hati, apakah penyebaran Delta ini sudah sampai di sana," ujar Budi, Senin (5/7).

Detik.com

Ikuti Terus Redaksiriau.co Di Media Sosial

Tulis Komentar


Loading...