Masalah Keharmonisan Keluarga Bisa Jadi Pemicu Anak Terjerumus ke Narkoba

REDAKSIRIAU.CO.ID, PEKANBARU — Faktor keluarga menjadi salah satu paling menentukan untuk membentengi anak agar tidak terjerumus ke narkoba.

Keluarga yang tidak harmonis bisa menjadi faktor penyebab anak – anak terjerumus ke narkoba. Oleh sebab itu, orang tua harus menyadari betul peran penting keluarga untuk menjaga anak – anak mereka dari bahaya narkoba.

Advertisement

Loading...

 

“Memang kalau kita lihat dan amati selama ini, ada banyak faktor penyebab yang membuat anak – anak terjerumus ke narkoba. Namun faktor keharmonisan keluarga menjadi salah satu yang utama,” kata Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas-PA) Provinsi Riau, Dewi Arisanty 

Dia menjelaskan, keadaan dan kondisi keluarga (keharmonisan) sangat dibutuhkan anak terutama di masa pertumbuhan. 

 

Keharmonisan akan menciptakan keluarga dengan penuh kasih sayang. Sehingga anak tetap mendapatkan kasih sayang dari orang tua sesuai porsi yang dibutuhkan.

Keluarga yang kirang atau tidak harmonis, cenderung akan menciptakan suasana yang tidak nyaman di rumah. Baik ayah atau pun ibu, biasanya memilih untuk tidak berada di rumah dan mencari kesibukan lain. 

Akibatnya anak – anak selalu merasa sendiri dan dia cenderung akan melakukan hal – hal lain untuk membuatnya merasa nyaman.

“Untuk pencegahannya, ciptakan kehidupan keluarga yang harmonis,” ucapnya, 

Faktor lainnya yang menyebabkan anak bisa terjerumus pada narkoba tentu ada. Diantaranya, faktor lingkungan, kurang perhatian, lingkungan bermain, dan komunikasi yang tidak sehat, serta faktor – faktor lainnya. (Betuahpos

Ikuti Terus Redaksiriau.co Di Media Sosial

Tulis Komentar


Loading...