Jelang Lebaran, Ini Harga Bahan Pangan yang Naik

REDAKSIRIAU.CO.ID Harga sejumlah bahan pangan diketahui masih cukup tinggi hingga menjelang seminggu terakhir bulan Ramadhan 1441 H. 

Sebelumnya, pemerintah sudah membuka keran impor untuk beberapa komoditas pangan untuk mengendalikan harga komoditas tersebut.

Mengutip Kontan, 14 Mei 2020, Ketua Umum Ikatan Pedagang Pasar Tradisional (Ikappi) mengakui bahwa sejumlah komoditas pangan seperti bawang merah masih memiliki harga yang relatif tinggi.

Loading...

Lantas harga pangan apa saja yang mengalami kenaikan? 

 

Harga bawang merah

Melansir laman Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional, harga bawang merah di pasar tradisional hingga 15 Mei 2020 adalah Rp 52.300 per kilogram.

Harga dari komoditas ini mengalami tren kenaikan dalam seminggu terakhir dengan jumlah kenaikan yang tidak terlalu besar.

Namun, harga tersebut mengalami kenaikan yang cukup tinggi jika dibandingkan pada awal Maret di mana harga per kilogram bawang merah ukuran sedang adalah Rp 36.850.

Sementara itu, di pasar modern, harga bawang merah hingga 15 Mei 2020 adalah Rp 61.350 per kilogram.

 

Harga tepung terigu, daging ayam, ikan, dan kacang naik 

Selain bawang merah, melansir laman Sistem Pemantauan Pasar Kebutuhan Pokok (SP2KP) Kementerian Perdagangan, bahan pangan seperti tepung terigu, daging ayam, ikan, dan kacang juga mengalami kenaikan.

Hingga 15 Mei 2020, harga nasional untuk tepung terigu adalah Rp 9.623 per kilogram.

 

Kompas

Ikuti Terus Redaksiriau.co Di Media Sosial

Tulis Komentar


Loading...