4 Kelas Kereta Api, Perbedaan Kelas Ekonomi, Bisnis, Eksekutif, dan Premium

REDAKSIRIAU. CO.ID JAKARTA,  - Kereta api (KA) jarak jauh di Indonesia memiliki kelas penumpang yang berbeda di setiap rangkaiannya. Harga tiketnya pun berbeda sesuai dengan fasilitas yang ditawarkan setiap kelas.

Pada dasarnya, setiap rangkaian KA dibagi menjadi dua hingga tiga kelas di dalamnya, yaitu kelas Eksekutif, Kelas Bisnis, dan Kelas Ekonomi. Beberapa tahun belakangan muncul kelas baru yaitu Kelas Premium.

Menurut Kepala Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Edy Kuswoyo, terdapat empat kelas KA yang masing-masing fasilitas berbeda.

Loading...

Baca juga: Pertama Kali Naik Kereta Jarak Jauh? Simak Tips Berikut Ini

"Ada empat kelas kereta, fasilitasnya berbeda, termasuk kapasitas penumpang. Contohnya itu Kelas Eksekutif fasilitasnya AC, televisi, rak bagasi, meja makan, reclining seatrotary seat, toilet, dan stop kontak. Kapasitasnya 50 penumpang," kata Edy ketika dihubungi Kompas.com, Minggu (8/12/2019).

Kepada Kompas.com, Edy membagikan informasi tentang Kelas dan Fasilitas yang ada di Kereta Api. Berikut informasi lengkapnya yang telah Kompas.com rangkum:

1. Kelas Eksekutif

Kelas Eksekutif merupakan kelas penumpang tertinggi dalam kereta api. Hal ini dibedakan dari harga tiket yang dibeli oleh penumpang, yaitu harganya termahal.

Adapun fasilitas yang tersedia di kelas KA ini yaitu AC, televisi, rak bagasi, meja makan, reclining seat, rotary seat atau bangku bisa diputar, toilet, dan stop kontak.

Kapasitas penumpang di kelas ini dapat mencapai 50 penumpang.Kompas

Ikuti Terus Redaksiriau.co Di Media Sosial

Tulis Komentar


Loading...