Digital Jadi Sumber Pertumbuhan Ekonomi Baru, Berikut Strateginya

REDAKSIRIAU. CO.ID PEKANBARU - Perkembangan digital dianggap sebuah peluang besar sebagai sumber untuk mendorong pertumbuhan ekonomi baru (new source of economic growth).

Hal itu mampu diwujudkan dengan mendorong perkembangan ekonomi dengan memanfaatkan kecanggihan digital.

Deputi Gubernur Bank Indonesia, Sugeng, mengungkapkan digital sebagai sumber pertumbuhan ekonomi baru bisa dilakukan dengan 3 trategi utama sistem pembayaran.

Loading...

"Pertama, menetapkan Visi Sistem Pembayaran Indonesia 2025. Kedua, mendorong peningkatan elektronifikasi transaksi pembayaran. Ketiga, mendorong program persiapan pemasaran online UMKM (on boarding UMKM) ke ekonomi digital," ungkapnya dalam seminar yang diselenggarakan IDX Channel seperti dilansir dari laman resmi bi.go.id.

Digital sebagai pertumbuhan ekonomj baru diyakini bisa dicapai melalui sinergi yang baik antara Bank Indonesia dengan otoritas terkait dan dengan pelaku industri sehingga dapat mendukung kemajuan dan keunggulan Indonesia.

Direktur Eksekutif Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran BI Erwin Haryono mengungkapkan bahwa pengambil kebijakan di Indonesia harus tepat dalam memberikan respons yang memadai.

"Itu penting dalam menghadapi disrupsi berupa perkembangan digitalisasi agar tetap berkembang dan mendukung perekonomian secara keseluruhan,"ungkapnya.

Dia menambahkan, inisiatif-inisiatif yang sedang dilakukan Bank Indonesia disusun untuk mendukung perkembangan ekonomi digital tersebut.

Pelaku industri, tekfin, dan perbankan harus adaptif dalam merespons tantangan dengan melakukan inovasi terkait ekonomi digital karena terdapat peluang berupa ruang pertumbuhan yang sangat besar. 

Betuahpos

Ikuti Terus Redaksiriau.co Di Media Sosial

Tulis Komentar


Loading...