Politeknik Harus Dibangun untuk Kembangkan Potensi Daerah

REDAKSIRIAU.CO.ID Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir mengatakan Kabupaten Bima akan segera memiliki politeknik negeri.

Hal tersebut diungkapkan Menristekdikti saat meninjau Vokasi Bima Universitas Mataram, Senin (15/4/2019).

“ Politeknik harus dibangun di tempat yang memiliki potensi sumber daya alam untuk perkembangan sumber daya manusia ( SDM) dan mendorong perekonomian daerah tersebut,” ujar Menristekdikti seperti dikutip dari rilis resmi Kemenristekdikti.

Loading...

Menteri Nasir menjelaskan Vokasi Bima Universitas Mataram akan menjadi embrio kelahiran Politeknik Negeri Bima. Hal ini sejalan dengan kebijakan Kemenristekdikti yang salah satu fokusnya adalah pendidikanvokasi dan politeknik yang akan menjadi motor penghasil sumber daya manusia (SDM) terampil.

Pemerataan kualitas pendidikan

Menteri Nasir melanjutkan Kabupaten Bima memiliki potensi kekayaan alam yang besar, salah satunya ialah tambang ikan dan pertanian. Menteri Nasir berharap politeknik yang akan didirikan di Kabupaten Bima dapat mengangkat potensi daerah tersebut.

 

Pada kesempatan ini Menristekdikti kembali mengingatkan saat ini negara yang maju bukan ditentukan oleh jumlah sumber daya alam ataupun jumlah penduduk, namun penguasaan teknologi dan inovasi.

Oleh karena itu pemerataan kualitaspendidikan tinggi di Indonesia merupakan salah satu program prioritas Pemerintah untuk menghasilkan SDM unggul dan berdaya saing tinggi, tidak hanya di perkotaan atau pulau Jawa namun juga di seluruh daerah di Indonesia.

“Fokus pengembangan pendidikan tinggi di Indonesia adalah Indonesia sentris, tidak boleh lagi pendidikan tinggi berkualitas hanya terpusat di daerah tertentu saja seperti pulau Jawa. Kehadiran Poltek Negeri Bima kedepannya diharapkan akan menjadi solusi bagi masyarakat, ” ulas Menristekdikti.

Cikal-bakal Politeknik Bima

Menristekdikti Mohamad Nasir mengapresiasi jajaran pemerintah Kabupaten Bima yang memiliki semangat memiliki Lembaga Pendidikan Tinggi. “Dimana ada kemauan, pasti ada jalan”, tutup Menristekdikti.

Sementara itu, Bupati Kabupaten Bima, Indah Dhamayanti Putri menyampaikan kepada Menristekdikti Vokasi Unram yang berada di Kabupaten Bima merupakan cikal bakal dan cita-cita kita bersama mewujudkan menjadi suatu Politeknik.

“Izinkan Semangat Kami, Semangat Generasi yang ada di Kabupaten Bima Secara Utuh dan Mewakili Beberapa Kabupaten Kota yang Berdekatan dengan Wilayah Kami, Semoga dengan Segala Keterbatasan dan Kekurangan Kami akan terwujud Politeknik yang ada di Kabupaten Bima,” kata Indah.

 

Ikuti Terus Redaksiriau.co Di Media Sosial

Tulis Komentar


Loading...