5 Manfaat Kentang untuk Wajah, Bisa Mencerahkan Kulit

REDAKSIRIAU.CO.ID Kentang dikenal sebagai salah satu sumber karbohidrat alami. Selain lezat dikonsumsi, kentang juga memiliki sejuta manfaat bagi kesehatan tubuh. Kentang kaya akan nutrisi seperti vitamin A, B-kompleks,C, hingga asam folat.

Dalam kentang juga ada zat solanin yang dikenal sebagai obat penenang, anti kejang, anti jamur, dan pestisidal. Sedangkan bila dimakan bersama kulitnya, dapat memberikan tambahan serat bagi tubuh.

 

Loading...

Selain dikonsumsi untuk kesehatan tubuh, kentang juga dipercaya memiliki manfaat baik bagi kulit wajah. Kandungan antioksidan pada kentang mampu mencegah penuaan dini, mencerahkan dan menyamarkan noda hitam di wajah.

Berikut 5 manfaat kentang untuk kulit wajah dilansir Liputan6.com dari Beautymunsta, Rabu(20/2/2019).

2 of 6


Bantu Hilangkan Mata Panda

Ilustrasi Mata

Ilustrasi Mata Segar (iStockphoto)

Seperti irisan timun yang biasa digunakan pada area mata, manfaat kentang juga dapat mengurangi bengkak dan kantung mata di bawah mata Anda.

Kentang telah terbukti sangat efektif dalam menghilangkan lingkaran hitam di sekitar mata karena sifatnya yang mampu mencerahkan secara alami.

Caranya, ambil kentang mentah, kupas dan potong menjadi potongan besar. Setalah itu, bungkus dengan kain atau sapu tangan dan letakkan di mata Anda selama sekitar 15 hingga 20 menit, lalu bersihkan dengan air hangat. Penggunaan teratur akan memudarkan lingkaran hitam dalam waktu singkat.

Anda juga bisa mengoleskan jus kentang pada lingkaran hitam di mata Anda menggunakan cotton bud atau langsung dengan tangan Anda.

3 of 6


Bantu Hilangkan Keriput

Manfaat kentang sangat berguna untuk menghilangkan tanda-tanda penuaan dini seperti keriput. Hal ini karena kentang kaya akan kandukngan Antioksidan.

Antioksidan yang ada dalam kentang dapat melawan radikal bebas dari tubuh dan menstabilkannya. Dengan demikian kandungan pada kentang dapat mencegah kerusakan oksidatif pada sel-sel kulit. Proses ini dapat mengurangi tanda-tanda penuaan dini seperti garis-garis halus, kerutan, bintik-bintik penuaan, bintik-bintik hitam dan lainnya.

Tidak hanya mengonsumsinya, mengaplikasikan kentang di kulit juga terbukti efektif dalam menghilangkan keriput.

Caranya, haluskan kentang dan oleskan di wajah Anda. Berikan pijatan lembut ke wajah Anda. Biarkan mengering selama lima menit, lalu bilas dengan air bersih.

Penggunaan teratur tidak hanya akan meminimalkan munculnya keriput tetapi juga akan memberi nutrisi pada kulit Anda karena nutrisi yang terkandung di dalamnya.

4 of 6


Baik untuk Kulit Kering

Penggunaan kentang sangat bermanfaat bagi Anda dengan kulit kering. Manfaat kentang memiliki kemampuan membuat kulit lembut dan kenyal, yang dapat membantu melawan kulit kering.

Parut beberapa kentang dan tambahkan setengah sendok teh ke dalamnya hingga membentuk masker. Kemudian, oleskan masker pada wajah Anda, dan diamkan selama 20 menit, lalu basuh dengan air.

Masker wajah ini akan memberikan nutrisi dan melembabkan kulit untuk merawat kulit kering. Kentang juga dapat dijadikan sebagai penyegar alami dengan menggunakannya sebagai toner. Caranya adalah dengan mencampurkan kentang menggunakan sekitar 2 sdm air, lalu peras untuk mendapatkan ekstrak dari air kentang.

Oleskan ke seluruh wajah Anda dengan kapas dan simpan toner dalam wadah bersih. Anda juga bisa menggunakannya dalam botol semprot. Biarkan selama 3 menit. Bilas wajah Anda setelah itu gunakan pelembab.

 

  •  

Ikuti Terus Redaksiriau.co Di Media Sosial

Tulis Komentar


Loading...