Benarkah Operasi Caesar Dapat Menimbulkan Ketergantungan?

Ilustrasi/Ist
REDAKSIRIAU.CO, JAKARTA - Sebagian besar orang berpendapat bahwa operasi caesar seperti menimbulkan ketergantungan untuk proses melahirkan berikutnya, yaitu harus melahirkan dengan cara caesar pula jika mengalami kehamilan berikutnya. Hal tersebut tidaklah tepat. Dr. dr. Batara Sirait, SpOG menjelaskan, bahwa hal tersebut hanyalah mitos.

  

  

"Ada yang bilang kalau abis lahiran caesar, berikutnya caesar terus. Itu tidak. Yang benar itu abis caesar bisa meningkatkan risiko untuk melahirkan secara normal," papar Dr. Batara Sirait saat jumpa pers di MRCCC Siloam Hospitals Semanggi, Kamis (8/9/2016).

  

  

Dr. Batara menjelaskan, salah satu risiko yang ditimbulkan melahirkan secara normal setelah operasi caesar adalah jebolnya rahim. Kondisi ini bisa menyebabkan tensi darah rendah hingga menyebabkan bayi meninggal. Parahnya, angka kasus ini cukup tinggi.

  

Loading...

  

"Paling jeleknya jebol rahim. Itu mungkin terjadi. Kita bilang jebol rahim itu bencana, karena biasanya bayi meninggal. Bayangin kalo rahim robek itu darah akan ngocor dan bayi turun sehingga akan kekurangan oksigen, tensi darah turun dan kekurang oksigen otak akan rusak lalu meninggal. Angka kejadiaan ini tinggi sekali," kata dia.

  

  

Ikuti Terus Redaksiriau.co Di Media Sosial

Tulis Komentar


Loading...