Pekan Raya Biologi 2019 Akan Digelar, Begini Persiapannya

REDAKSIRIAU.CO.ID, PEKANBARU - Mendekati sebulan sebelum acara, panitia Pekan Raya Biologi 2019 semakin mempersiapkan konsep acara dengan matang. Sejak dibuka pada 26 Oktober lalu peserta hampir mencapai angka 500. Stand pendaftaran yang berada di depan halaman gedung kuliah Pendidikan Biologi akan selalu melayani calon peserta yang akan mendaftar. 

Rahayu Srikandi selaku koordinator kesekretariatan sampaikan bahwa peserta yang mendaftar tidak diharuskan langsung membayar uang pendaftaran. “Batas pembayaran untuk peserta minimal seminggu sebelum perlombaan, nanti mereka kami konfirmasi lagi.” 

Bertajuk ”Ciptakan Intelektual Muda yang Kreatif dan Berjiwa Sains Menuju Generasi Indonesia Emas”, PRB 2019 memiliki serangkaian perlombaan, yaitu; Uji Kompetensi Tertulis (UKT) SMP-SMA,  Uji Kompetensi Laboratorium (UKL) SMP-SMA, Cepat-Tepat (CT) SMP-SMA, Lomba Melukis SMP-SMA, Mading 3D SMP-SMA, Bio Expo School Competition SMP-SMA, Lomba Fotografi SMA-Mahasiswa, Lomba Karya Tulis Remaja (LKTR) dan Poster Ilmiah SMA, serta  Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional untuk tingkat mahasiswa. 

Loading...

Selain menyajikan serangkaian perlombaan, Pekan Raya Biologi 2019 juga adakan Seminar Nasional dengan tajuk “Tantangan dan Peluang Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0 untuk Menuju Generasi Emas”. Rencananya Seminar ini akan menghadirkan Indra Charismiadji selaku Pakar Pengamat dan Praktisi Pendidikan dan Dr. Reni Suryanita, M.T, dosen Teknik Sipil Universitas Riau. 

Untuk mencapai target peserta sebanyak 1800, Eko Destiranda, ketua pelaksana sampaikan bahwa panitia akan terus mensosialisasikan acara yang telah diperluas sampai ke Sumatra Barat ini. “Banner sudah kami dirikan di 10 titik, baliho besar kami dirikan di gerbang depan dan halaman kampus biologi,” ujarnya. Meski bersaing dengan prodi tetangga dalam mencari peserta, Eko optimis peserta PRB 2019 pasti akan melebihi jumlah peserta dari tahun lalu. 

Ketua koodinator Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Riau, Dr. Hj. Evi Suryawati, M. Pd mendukung penuh semua kegiatan yang diadakan, khususnya dibidang pendidikan. Lebih lanjut, ia sampaikan bahwa olimpiade ini juga bertujuan untuk menciptakan generasi yang intelektual baik dalam skala daerah maupun nasional. “Kami selalu inginkan inovasi tiap tahunnya dari mahasiswa Pendidikan Biologi, terutama dalam olimpiade yang rutin diadakan tiap tahun ini.” 

“Surat undangan ke sekolah-sekolah sudah selesai disebar, kami juga aktif di sosial media untuk memberikan update dan informasi terbaru,” tutur Aisyah selaku koodinator Humas Informasi dan Dokumentasi. Selain itu berita PRB 2019 telah mengudara di beberapa radio Pekanbaru. Panitia juga sosialisasi ke universitas lain seperti Universitas Lancang Kuning, Uin, Universitas Islam Riau, Universitas Abdurrab, Universitas Muhamadiyah Riau, dan Politeknik Caltex Riau (PCR)

Pendaftaran dibuka mulai tanggal 26 Oktober 2018 sampai 14 Januari 2019. Sedang untuk jadwal perlombaan dimulai dari tanggal 21-26 Januari 2019. Technical meeting diadakan sehari sebelum pembukaan. Peserta dapat mendaftarakan diri secara langsung ataupun melalui telefon. Uang pendaftaran juga dapat dibayar langsung ataupun transfer melalui rekening.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai biaya pendaftaram, nomor rekening, serta mekanisme perlombaan, calon peserta dapat mengakses laman web PRB di https://pekanrayabiologi.wordpress.com/ (ezy/Rls)

Ikuti Terus Redaksiriau.co Di Media Sosial

Tulis Komentar


Loading...