Ustad Abdul Somad Sebut Amanah Ini Dalam Kehidupan

Ustadz Abdul Somad/net

REDAKSIRIAU.CO, PEKANBARU - Dalam kehidupan kita tidak bisa terlepas dari amanah. Baik itu amanah dari tugas soal kerjaan, orang tua dan di sekeliling kita.

Namun, tidak hanya itu ada amanah yang harus kita jaga semasa hidup. Ustaz Abdul Somad mengatakan dalam kehidupan jangan biarkan melakukan kekosongan tanpa menjalankan amanah,  yakni Amanah dari Allah SWT.

Apakah amanah yang harus kita jaga?

Loading...

Pertama, Ustaz Abdul Somad mengatakan Amanah umur. Dalam amanah umur, Ustaz Abdul Somad mengimbau agar kita harus menjaga, dalam artian kemana umur kita habiskan semasa hidup di dunia? Mesti kita jaga, kemana umur dihabiskan semasa hidup di dunia dan itu akan diminta pertanggung jawaban.

"Umur sangat penting, kelak nanti kita akan diminta pertanggungjawaban diakhirat, jangan sempat umur semasa hidup kosong, gunakan untuk senantiasa berdzikir menyebut nama Alllah," ungkapnya.

Kedua, Amanah Harta. "Segala yang kita miliki,  harta, emas, mobil dan kekayaan adalah titipan dari Allah. Lantas amanah harta menjadi point yang harus dijaga, dengan cara bersedekah," ucapnya.

Dari Asma’ binti Abi Bakr, Rasulullah SAW bersabda. 'Janganlah engkau menyimpan harta (tanpa mensedekahkannya). Jika tidak, maka Allah akan menahan rizki untukmu.'

Riwayat lain juga mengatakan 'Infaqkanlah hartamu. Janganlah engkau menghitung-hitungnya (menyimpan tanpa mau mensedekahkan). Jika tidak, maka Allah akan menghilangkan barokah rizki tersebut. Janganlah menghalangi anugerah Allah untukmu. Jika tidak, maka Allah akan menahan anugerah dan kemurahan untukmu.'

Ketiga, Amanah Pasangan. "Allah menciptakan Adam dan Hawa, maka jagalah amanah pasangan dengan artian mencintai lawan jenis, jangan sesama," sebutnya.

Di sisi lain, Allah juga menciptakan wanita dari tulang rusuk laki-laki yang bengkok, maka sebagai laki-laki jagalah amanah yang diberikan Allah, "Jangan terlalu ingin meluruskan yang bengkok, sebab yang akan didapatkan hanyalah kepatahan," ujarnya. (bpc)

Ikuti Terus Redaksiriau.co Di Media Sosial

Tulis Komentar


Loading...