“Sahabat Kelapa Indonesia” diharapkan Beri Dampak Positif Untuk Perkelapaan Di Inhil

REDAKSIRIAU.CO, INDRAGIRI HILIR - Sekda Inhil, H Said Syarifudin berharap kunjungan sekelompok pemerhati dan pelaku usaha yang menamakan diri “Sahabat Kelapa Indonesia” ke Kabupaten Indragiri Hilir akan memberikan dampak positif bari para petani kelapa khususnya dalam peningkatan kesejahteraan.

Harapan dan apresiasi postitif ini disampaikan Sekda dalam pertemuan dan jamuan disalah satu rumah makan di Kota Tembilahan, senin (27/2/2017) malam

“Pemkab Inhil tentu saja menyambut baik kedatangan para pemerhati dan pelaku usaha yang tergabung dalam Sahabat Kelapa Indonesia ini, sehingga diharapkan mampu membawa dampak positif bagi perkembangan perkebunan kelapa dan kesejahteraan petani,” ungkap Sekda.

Loading...

Kedatangan para pengusaha ini selain dalam penjajakan menanamkan investasi khususnya dibidang perkebunan kelapa di Inhil mereka juga menyatakan komitmen untuk mensejahterakan petani kelapa.

Sahabat Kelapa Indonesia mengakui potensi kelapa di Kabupaten Inhil sangat besar dibandingkan dengan daerah penghasil kelapa lainnya di Indonesia.

Selain itu, kedatangan mereka juga dalam rangka persiapan Kabupaten Inhil sebagai tuan rumah Hari Kelapa Dunia pada bulan September 2017 mendatang. Kedatangan mereka untuk melihat persiapan-persiapan Inhil menghadapi Peringatan Hari Kelapa Dunia yang akan dihadiri oleh perwakilan dari 18 negara tersebut.

Mauridim Simpala dari Sahabat Kelapa Indonesia mengatakan dalam rombongan ini terbagi dalam beberapa kalangan, seperti pengusaha, baik pengusaha gula, sabut kelapa dan lainnya termasuk  para pemerhati kelapa.

“Kami berharap potensi kelapa  Inhil yang sangat besar ini dapat lebih terekspose ke masyarakat Indonesia,” Ujarnya.

Sahabat Kelapa Indonesia lainya, Wardoyo dari Asian and Pacific Coconut Community (APCC) menjelaskan bahwa APCC adalah sebuah organisasi internasional yang beranggotakan negara-negara produsen kelapa di seluruh dunia. APCC saat ini beranggotakan18 negara.

Dalam fungsinya, APCC bertujuan untuk mempromosikan dan mengkoordinasi semua aktivitas industri kepala yang berhubungan dengan kesejahteraan petani-petani kecil. Selain itu APCC juga terlibat dalam pengembangan industri itu sendiri termasuk produksi, pemrosesan hingga pemasaran produk-produk yang berasal dari kelapa.

Bahkan menurutnya, dengan potensi kelapa yang dimiliki, dunia menyatakan Kabupaten Inhil sangat layak untuk menjadi tuan rumah Hari Kelapa Dunia.

“Peringatan Hari Kelapa Dunia bertujuan untuk membangkitkan kembali kesadaran bahwa pentingnya kelapa di perhatikan, investasi kelapa digalakkan serta tentunya kesejahteraan petani kelapa bisa ditingkatkan,” katanya.

Charly Angkiriwang dari PT Tulus Agri mengaku sudah 20 tahun fokus dalam upaya meningkatakan pertambahan nilai kelapa. Seperti misalnya bagaimana produk kelapa itu disukai masyarakat dan bernilai tinggi.

“Dengan luasan areal perkebun kelapa di Inhil yang lebih luas dari seluruh Kelapa yang ada di India, maka Inhil memiliki potensi yang sangat besar,” Yakininya.

“Saat ini produk kelapa sangat diminati oleh dunia. Buktinya kini sudah cukup banyak negara yang menjalin komunikasi dengan kami untuk bekerjasama di bidang kelapa ini, ” akhirinya. (ADV)

Ikuti Terus Redaksiriau.co Di Media Sosial

Tulis Komentar


Loading...