Gubri: Ciptakan Mutu Pendidikan Berkualitas dengan Guru Berkualitas

REDAKSIRIAU.CO, PEKANBARU – Komitmen Pemerintah Provinsi Riau dalam mengembangkan dan meningkatkan mutu serta kualitas pendidikan, menjadi salah satu agenda pembangunan yang prioritas. Hal ini tidak lain sebagai langkah memperbaiki kualitas mutu pendidikan Riau.

Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman mengatakan, peningkatan kualitas pendidikan itu harus dimulai dari perbaikan mutu tenaga pendidik sendiri. Guru yang bermutu paling tidak harus menguasai materi ajar, metodologi, sistem evaluasi, dan psikologi belajar. Guru yang baik bukan sekadar guru yang pintar, tapi guru yang memintarkan peserta didik. Guru yang baik bukan sekadar guru yang berkarakter, tapi guru yang mampu membentuk karakter yang baik bagi peserta didiknya. Untuk mewujudkan pendidikan bermutu, Pemerintah Propinsi Riau melakukan beberapa upaya yang salah satunya adalah dengan pembangunan bidang pendidikan yang berkualitas, didukung pengembangan kurikulum, sarana pendidikan, pengembangan dan pengadaan bahan belajar serta pelatihan tenaga pendidik.

Loading...

Dengan meningkatkan SDM berkualitas diharapkan nantinya Riau mampu mewujudkan pendidikan bermutu yang mempunyai daya saing, langkah-langkah untuk hal tersebut dilakukan dengan pengembangan kurikulum dan sistem evaluasi, perbaikan sarana pendidikan, pengembangan dan pengdaan bahan belajar serta pelatihan bagi guru di berbagai jenjang pendidikan.

Dikatakannya, pendidikan yang bermutu tergantung pada keberadaan guru yang bermutu, yaitu guru yang profesional, sejahtera, dan bermartabat. Sebab, guru yang bermutu merupakan syarat mutlak lahirnya sistem dan praktek pendidikan yang berkualitas. Sebab itu, hampir semua bangsa di dunia ini mengembangkan kebijakan yang mendorong keberadaan guru yang berkualitas.

Peningkatan mutu pendidikan melalui standarisasi dan profesionalisasi yang sedang dilakukan dewasa ini menuntut pemahaman berbagai pihak terhadap perubahan yang terjadi dalam berbagai komponen sistem pendidikan.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Riau melalui Kepala Dinas, Kamsol menjelaskan bahwa pihaknya telah menjalankan dan merancang program untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Riau. Program telah dijalankan dan tepat untuk melahirkan SDM yang berkualitas.

Beberapa program yang dijalankan juga masuk dalam program Nasional, diantaranya program “Indonesia pintar “ melalui Wajib Belajar 12 tahun bermutu bebas pungutan.

Meningkatkan produktifitas rakyat dan daya saing di pasar internasional. Membangun sejumlah science dan technopark di kawasan politeknik dan SMK-SMK dengan prasarana dan sarana dengan teknologi terkini.

"Mutu pendidikan dicerminkan oleh kompetensi lulusan yang dipengaruhi oleh kualitas proses dan isi pendidikan. Untuk itulah perlu dilakukan perubahan dan program yang dapat memberikan kualitas SDM kita, dan kita telah melaksanakan pelatihan tenaga kependidikan" kata Kamsol.

Ikuti Terus Redaksiriau.co Di Media Sosial

Tulis Komentar


Loading...