Simawang Saiyo Ajak Perantau Pekanbaru Bangun Nagari

REDAKSIRIAU.CO, PEKANBARU - Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Simawang Saiyo M. Nur Idris mengatakan keberadaan masyarakat asal Nagari Simawang Kecamatan Rambatan Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat di Pekanbaru merupakan bagian sumber daya manusia yang memiliki arti penting, serta potensi yang turut membantu pembangunan di kampung halaman dan rantau.

“Potensi percepatan keberhasilan pembangunan dimaksud, tentu bukan hanya di rantau dimana masyarakat Simawang berdomisili saat ini, akan tetapi juga di kampung halaman sebagai daerah dia dilahirkan juga harus menjadi perhatian bersama masyarakat perantauan. Setinggi-tinggi tabang bangau, pulangnyo ka kubangan juo. Sajauh-jauh marantau, pulangnyo ka kampuang juo,” ujar M. Nur Idris.

Loading...

Ungkapan ini disampaikan saat memberikan sambutan pada acara Pelantikan dan Pengukuhan Pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Simawang Saiyo Kota Pekanbaru, di aula Palang Merah Indonesia (PMI) Propinsi Riau Jln. Sudirman Pekanbaru, Selasa malam (20/12).

Kepada seluruh perantau asal Nagari Simawang di Pekanbaru yang lebih kurang 600 KK itu, Ketua DPP Simawang Saiyo ini meminta perantau benar-benar dapat ambil bagian dan memberikan sumbangasih pembangunan, baik di pekanbaru sebagai daerah rantau maupun dikampung halaman. Khusus untuk pekanbaru perantau harus mendukung pembangunan pemerintah daerah setempat.

“Orang tua-tua kita mengajarkan dima bumi dipijak, disitu langik dijunjuang. Kita berusaha mencari rezeki di rantau tanah bertuah ini. Namun kebijakan pembangunan oleh pemerintah kota Pekanbaru harus kita dukung juga,” ujar M. Nur Idris dihadapan ratusan perantau Simawang yang memenuhi aula PMI.

Masih kata Ketum DPP Simawang Saiyo ini, melalui pelantikan dan silahturahmi ini, ia mengajak seluruh perantau Simawang untuk meningkatkan kualitas tali silahturahmi dan solidaritas sesama warga perantau, maupun dengan warga lain di Pekanbaru.

“Mari kita besarkan organisasi Simawang Saiyo secara bersama-sama. Kita harus bersatu dan bekerjasama serta selalu kompak membangun kampaung dan warga perantauan. Ringan samo dijinjiang, barek samo dipikua,” ujar M. Nur Idris yang juga Ketua Komisi I DPRD Kota Bukittinggi ini.

Pada malam pelantikan dan pengukuhan ini, terlihat hadir Wakil Bupati Tanah Zuldafri Darma. Calon Walikota Pekanbaru Dastrayani Bibra, Herman Nazar calon independen, Wakil Ketua DPRD Kota Pekanbaru Sondia Warman, Martius Gusti dari IKMR, Sementara dari DPP Simawang Saiyo hadir Wakil Ketua DPP Jamalis, Wali Nagari Simawang E. Dt. Rajo Muyang dan tokoh masyarakat Nagari Simawang.

Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma dalam sambutannya berharap agar perantau Simawang menjaga persatuan dan kekompakan. Wakil Ketua DPRD Kota Pekanbaru Sondi Warman Putra Ombilin ini berpesan warga Simawang dapat menggunakan hak pilih dalam Pilkada Pekanbaru.

Pengurus DPC Simawang Saiyo Kota Pekanbaru periode 2016-2020 yang dilantik malam itu, untuk Ketua Umum dipercayakan kepada Syafril Hendro Dt. Mantiko Tagak, Sekretaris Jon Afrizal dan Bendahara Aguswandi Dt. Rajo Panghulu. Kepengurusan Simawang Saiyo Kota Pekanbaru dilengkapi dengan susunan wakil ketua, wakil sekretaris, wakil bendahara dan koordinator bidang dari unsur dari utusan jorong dalam Nagari Simawang.

Ikuti Terus Redaksiriau.co Di Media Sosial

Tulis Komentar


Loading...