Dinas Kesehatan Kabupaten Inhil Himbau Warga Cegah dan Waspadai 3 Penyakit Ini

Ilustrasi/Ist
REDAKSIRIAU.CO, INDRAGIRI HILIR - Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Provinsi Riau, Zainal Arifin melalui Kepala Seksi (Kasi) Promosi Kesehatan (Promkes) Dinkes Inhil, Siti Munziarni menghimbau kepada masyarakat untuk mewaspadai sekaligus mencegah serangan penyakit disentri, muntaber dan diare.

Siti Munziarni mengatakan, ketiga penyakit tersebut kerap terjadi apabila seseorang tidak membiasakan perilaku hidup baik dan sehat atau yang dikenal dengan istilah PHBS dalam kehidupan sehari-hari.

Loading...

"Jadi untuk upaya menghindari terjadinya penyakit tersebut, biasakan mencuci tangan dengan sabun sebelum mengkonsumsi sesuatu atau sesudah buang air besar dan kecil, minum air dan makanan yang sudah dimasak serta buang air besar di kakus, tidak sembarang tempat," jelasnya.

Lalu untuk para ibu yang sedang menyusui, lanjutnya, susui anak anda selama mungkin, di samping makanan lainnya sesuai umur. Bayi yang minum susu botol lebih mudah diserang diare dari pada bayi yang disusui ibunya.

Lebih jauh ia menyampaikan, faktor yang mempengaruhi diare terjadi terhadap seseorang diantaranya yaitu lingkungan gizi kependudukan dan prilaku masyarakat itu sendiri, sehingga kemungkinan untuk terkena penyakit-penyakit tersebut menjadi rawan.

"Marilah bersama-sama kita membiasakan hidup baik dan sehat yang dimulai dari lingkungan sekitar kita, karena kesehatan itu mahal harganya," sebut Siti Munziarni. (Adv)

Ikuti Terus Redaksiriau.co Di Media Sosial

Tulis Komentar


Loading...