Rekam e-KTP 90 persen, Pekanbaru Belum Putuskan Cetak KIA

REDAKSIRIAU.CO, PEKANBARU - 90 persen warga yang wajib KTP terhitung Mei 2016, sudah melakukan perekaman di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Pekanbaru. Meski perekaman sudah hampir rampung, namun Disdukcapil belum pastikan cetak Kartu Identitas Anak (KIA).

Hal itu dikatakan Kepala Disdukcapil Pekanbaru, Baharudin kepada kru bertuahpos.com. “Memang perekaman di atas 70 persen tetapi kita tidak otomatis mulai cetak KIA. Tahun ini di Riau baru Dumai yang cetak,” katanya,

Baharudin sampaikan pihaknya masih menunggu petunjuk teknis dari pemerintah pusat. “Tahun 2017 katanya seluruh daerah mulai cetak KIA. Tetapi kita masih tunggu petunjuk teknis," sebutnya.

Loading...

Disinggung tentang pembiayaan cetak KIA, dirinya sampaikan nantinya akan bekerjasama dengan sekolah. "Kerjasama dengan sekolah serta rumah sakit," sebut Bahar.

Nantinya KIA terbagi dua macam, yakni untuk anak-anak berusia 0-5 tahun. Lalu untuk anak-anak 5-17 tahun. Bagi anak warga negara Indonesia (WNI) yang baru lahir, KTP Anak akan diterbitkan bersamaan dengan penerbitan akte kelahiran.

Tentang perekaman e-KTP, Baharudin optimis warga yang merekam akan terus bertambah. Mengingat proses perekaman untuk data base terus berjalan. Disdukcapil juga jemput bola dengan turun ke lapangan melakukan perekaman.

Ikuti Terus Redaksiriau.co Di Media Sosial

Tulis Komentar


Loading...