Dampak Psikologis Mahasiswa Semester Akhir Luar Biasa, Ini Tips Atasinya

REDAKSIRIAU.CO, PEKANBARU - Tidak ada satu mahasiwapun yang ingin menyelesaikan pendidikan melebihi batas waktunya. Namun pada realitasnya, ada begitu banyak mahasiswa yang menghabiskan waktu mereka untuk berlama-lama di kampus, terlepas dari apa faktor penyebab hal itu terjadi. Tahukah sebernarnya, menjadi mahasiswa semester akhir memiliki dampak psikologis luar biasa saat melihat temen seangkatannya wisuda.

Seperti yang dikatakan oleh pakar psikologis Syarifah Faradina, saat mahasiwa semester akhir melihat teman seangkatannya wisuda ada rasa sedih, menyesal dan menurunnya rasa percaya diri pada diri mereka. Jangan terlalu lama hanyut dalam kesedihan, dan penyesalan. Tips bagi mahasiswa semester akhir untuk menyelesaikan tugas akhirnya.

Loading...

Pertama adalah target. Sebelum anda memulai membuat tugas akhir, anda harus memiliki target waktu untuk menyelesaikan tugas akhir anda. Sehingga seluruh pemikiran anda akan semangat untuk mencapai target yang anda rencanakan. Dan tetap konsisten untuk mencapai target anda dalam penyelesaian tugas akhir tugas akhir.

Kedua anda harus ontime. Dengan anda datang tepat waktu, dosen pembimbing anda akan menilai anda bersungguh-sungguh dalam melakukan bimbingan tugas akhir. Suasana hati dosen pembimbing anda akan memburuk, jika anda membuatnya menunggu.

Ketiga ,anda harus bisa membaca dan memahami suasana hati dosen pembimbing anda. Saat anda melakukan bimbingan kepada dosen pembimbing anda, jagalah suasana hatinya agar selalu nyaman saat mengarahkan anda dan merevisi tugas akhir anda.

Keempat, jaga hubungan baik dengan dosen lain. Kaerena tidak semua mahasiswa memiliki dosen pembimbing yang memberikan loyalitas waktunya untuk mahasiswa. Jika anda memiliki dosen pembimbing dengan jam terbang yang padat. Sebaiknya anda juga harus menjaga hubungan baik dengan dosen lain, karena disaat dosen pembimbing anda belum memiliki waktu untuk membimbing anda. Alangkah lebih baik jika anda bertanya dan berdiskusi mengenai tugas akhir anda kepada dosen lain.

Dan yang kelima yaitu perbanyak berdiskusi. Menyelesaikan tugas akhir adalah tanggung jawab anda sebagai mahasiswa. Luangkan lah waktu anda untuk melakukan diskusi dengan teman anda yang sudah wisuda. “Terutama dengan teman yang memiliki tema judul yang sama dengan anda,” ungkap Syarifah Faradina.

Ikuti Terus Redaksiriau.co Di Media Sosial

Tulis Komentar


Loading...