Dinkes Inhil, Ini Makanan Terbaik Bagi Bayi

Ilustrasi/Ist
REDAKSIRIAU.CO, INDRAGIRI HILIR - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Provinsi Riau melalui Kasi Promkes, Siti Munziarni, mengatakan bahwa Air Susu Ibu (ASI) adalah makanan terbaik bagi bayi.

Hal itu dikarenakan ASI mengandung zat gizi yang lengkap diantaranya karbohidrat, protein, multi vitamin dan mineral secara lengkap yang mudah diserap secara sempurna dan sama sekali tidak mengganggu fungsi ginjal bayi yang sangat lemah.

Loading...

"ASI merupakan cairan hidup karena mengandung sel darah putih, zat kekebalan, enzim, hormon dan protein yang cocok untuk bayi," sebut Kasi Promkes Inhil.

Selain itu, ASI juga mengandung asam amino dan DHA alamiah yang dapat diserap bayi berkat adanya kandungan enzim lipase dalam ASI.

"Karena dari itu, pemberian makanan atau minuman selain ASI sebelum enam bulan dapat mengurangi produksi ASI, meningkatkan resiko infeksi, alergi serta mengurangi ikatan kasih sayang antara ibu dan bayi," paparnya.

Oleh karena itu, manfaat ASI dan menyusui bagi bayi sangat penting untuk memenuhi seluruh kebutuhan untuk pertumbuhan sampai usia 6 bulan.

"ASI membuat berat badan bayi ideal dan perkembangan motorik dan kognitif atau kecerdasan bayi lebih cepat," ulasnya.

Terkahir ia menegaskan bahwa makanan terbaik bagi bayi adalah air susu ibu atau ASI. (Adv)

Ikuti Terus Redaksiriau.co Di Media Sosial

Tulis Komentar


Loading...