Kadiskes Inhil Ungkap Kasus HIV/AIDS Banyak Serang Ibu Rumah Tangga

Ilustrasi/Ist
REDAKSIRIAU.CO, INDRAGIRI HILIR - Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Provinsi Riau, Zainal Arifin mengungkapkan bahwa menurut hasil catatan yang diterima oleh Dinkes Inhil sejauh ini, kasus penyakit menular HIV dan AIDS banyak tertular pada ibu-ibu rumah tangga.

"Dari 170 kasus HIV/AIDS di Kabupaten Inhil, ibu rumah tangga tercatat sebagai kalangan yang banyak terinfeksi," ungkapnya.

Loading...

Kendati begitu, Zainal Arifin juga mengatakan bahwa data tersebut merupakan hasil dari data sementara dan tidak menutup kemungkinan peningkatan dari jumlah tersebut.

"Untuk itu kami menghimbau kepada seluruh masyarakat agar berhati-hati dan selalu berupaya untuk menerapkan PHBS agar terhindar dari segala penyakit berbahaya yang lainnya juga," sebutnya.

Sejauh ini, lanjutnya kembali, pihak Dinkes Inhil sendiri masih gencar melakukan pemeriksaan dan melakukan konseling terhadap beberapa lokasi yang dinilai rawan terinfeksi penyakit tersebut. Sedangkan untuk upaya mensosialisasikan kepada masyarakat, pihak Dinkes Inhil juga menginstruksikan kepada seluruh tim medis yang ada di Kabupaten Indragiri Hilir.

"Saat ini tempat pemeriksaan dilakukan di RSUD Puri Husada, RS Sungai Guntung, Puskesmas Gadjah Mada dan Puskesmas Tembilahan Hulu saja," imbuhnya.

Lebih jauh ia menyampaikan, sosialisasi itu tidak hanya terpaku kepada penyakit HIV dan AIDS saja, akan tetapi sosialisasi tentang bahaya penyakit lainnya juga turut dilakukan.

"Misalnya seperti DBD dan diare yang kerap terjadi pada saat memasuki musim penghujan dan air pasang," tambahnya. (Adv)

Ikuti Terus Redaksiriau.co Di Media Sosial

Tulis Komentar


Loading...