Foto Ahok Beredar di Suriah, Eva Nilai Demokrasi Indonesia dalam Ancaman

REDAKSIRIAU.CO, JAKARTA - Politikus PDIP Eva Kusuma Sundari menilai demokrasi Indonesia dalam ancaman. Hal itu terkait beredarnya foto Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok di Suriah.

"Masak Pilkada DKI saja ditunggangi, statement Ahok yang diplintir Buni Yani faktanya jadi bibit perpecahan. Sungguh sedih dan risau, walau ada hikmahnya. Kita tahu level bahayanya kelompok radikal di RI," kata Eva Kusuma Sundari ketika dikonfirmasi, Rabu (2/11/2016).

Eva menjelaskan Jaish al fath merupakan kelompok baru. Ia memyebutkan Jabhat Al Nusrah melebur dengan beberapa kelompok jihadis yang diduga pro Saudi.

Loading...

"Mereka terlibat dengan kelompok oposisi yang diback up Saudi. Akses masuk nya kesana hanya dimiliki oleh beberapa organisasi radikal di Indonesia yang pemerintah sudah tahu, dibiarkan walau dipantau," kata Anggota Komisi XI DPR itu.

Menurut Eva Sundari, beberapa kelompok 'humanitarian aid' dari Indonesia juga memiliki akses ke jaish al fath.Beberapa misi kemanusiaan yang murni memberi bantuan kemanusiaan, kata Eva Sundari, juga punya akses ke Suriah tapi mereka dekat dengan kelompok-kelompok oposisi.

"Jangan lagi anggap remeh jihadis non ISIS di Indonesia, ini fakta bahwa jumlah orang kombatan Indonesia pro saudi yang join oposisi Suriah itu yang sudah kembali sekitar 50an orang," kata Eva Kusuma.

Eva Kusuma meminta pemerintah serius kelompok Al Qaida, Jemaah Islamiyah sama berbahaya dengan ISIS.

Ikuti Terus Redaksiriau.co Di Media Sosial

Tulis Komentar


Loading...