Jangan Sampai Tertipu, Berikut Ini Cara Bedakan Ayam Kampung Atau Bukan

REDAKSIRIAU.CO - Sebagian konsumen terkadang kesulitan untuk membedakan daging ayam kampung dan yang mana daging ayam potong.

Hal itu terjadi karena sering kali ayam kampung terlihat mirip dengan ayam jantan atau ayam potong karena diganti oleh penjual.

 

Loading...

Untuk mendapatkan yang asli, perhatikan ciri-ciri ayam kampung. Mengenali ayam kampung asli tidaklah sulit. Ada beberapa hal yang mencirikan keaslian daging ayam kampung. Mulai dari warna hingga bentuk tubuh daging ayam.



1. Warna daging
Dibanding daging ayam broiler, ayam kampung berwarna sedikit lebih merah dengan lemak sedikit. Ini karena jenis pakan ayam yang berbeda. Ayam broiler memakai pakan ayam jadi, sedangkan ayam kampung makan cacing dan serangga yang didapat di sekitarnya.


2. Kaki atau cakar
Cakar ayam kampung asli umumnya tidak berwarna putih tetapi kuning atau kehitaman. Sebaliknya, ceker ayam broiler berwarna kuning kecokelatan.



3. Tekstur daging

Daging ayam kampung cenderung lebih alot dan keras dibanding ayam broiler. Lapisan lemak di bawah kulit ayam kampung hampir tidak ada. Sedangkan ayam broiler tebal. Karenanya perlu dimasak lebih lama agar empuk.


4. Kulit ayam
Keaslian ayam kampung juga bisa dilihat dari kulitnya. Kulit ayam kampung cenderung lebih kuat dan tidak mudah robek karena lapisan lemaknya tipis. Sebaliknya, kulit ayam broiler lebih mengkilap, mudah robek, dan terdapat banyak lemak di bawah kulitnya.

 

5. Bentuk tubuh ayam

Bentuk badan ayam kampung asli ramping memanjang. Dibanding ayam broiler, ukuran paha ayam kampung biasanya lebih panjang tanpa lapisan lemak.
 

6. Harga
Seekor ayam kampung dijual lebih mahal dibanding ayam broiler. Saat ini harganya bisa mencapai Rp 60.000-70.000 per ekor.
 

7. Pilihan terbaik
Cara paling mudah mendapatkan daging ayam kampung asli adalah dengan membeli ayam kampung hidup. Minta pada penjual untuk menyembelih dan memotongnya.

Ikuti Terus Redaksiriau.co Di Media Sosial

Tulis Komentar


Loading...