Air Pasang Dan Hujan Ancam Produktif Perkebunan Kelapa Di Inhil

Int

REDAKSIRIAU.CO, INDRAGIRI HILIR – Air pasang disertai hujan yang melanda Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Provinsi Riau dalam beberapa bulan ini membuat hampir seluruh perkebunan masyarakat tergenang air.

 

Kondisi ini tentunya membuat sejumlah petani didaerah tersebut khawatir terhadap kebun-kebun mereka akan menjadi rusak.

Loading...

 

Diantaranya adalah Yunus, salah seorang petani yang berada di Kecamatan Gaung Anak Serka (GAS). Menurutnya, saat ini kebun-kebun kelapa miliknya dan milik masyarakat lainnya digenangi air akibat air hujan disertai air pasang.

 

“Meskipun ada dibuat parit-parit tetap tidak bisa menahan tinggi air ini,” katanya kepada Redaksiriau.co, Sabtu (13/2/2016).

 

Keadaan ini, katanya lagi, akan mempengaruhi terhadap kesuburan pohon-pohon kelapa miliknya sehingga bisa mengakibatkan menurunnya jumlah buah kelapa nantinya.

 

“Kalau seperti ini terus bisa dipastikan kebun itu akan rusak,” imbuhnya.

 

Pernyataan yang sama juga dilontarkan oleh Ahmad, salah seorang petani lainnya yang juga merupakan masyarakat di Kecamatan GAS tersebut. Ahmad berharap kepada pemerintah daerah untuk dapat sesegera mungkin untuk menyikapi persoalan ini dengan serius, agar kebun-kebun masyarakat bisa terselamatkan.

 

“Rata-rata kami disini hanya mengandalkan hasil kebun kelapa untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, jadi jika kebun kelapa kami rusak, dengan cara apalagi kami harus mencari duit,” ungkapnya.

 

Ikuti Terus Redaksiriau.co Di Media Sosial

Tulis Komentar


Loading...