Bupati Kukuhkan Pengurus Ikatan Keluarga Duanu Riau

Bupati Inhil saat berfoto bersama dengan pengurus Ikatan Keluarga Duanu Riau
REDAKSIRIAU.CO, TEMBILAHAN - Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) H.M Wardan Mengukuhkan Pengurus Ikatan Keluarga Duanu Riau (IKDR) 2015-2018, yang digelar pada Sabtu malam Minggu (12/12) di Lapangan Gajah Mada Kota Tembilahan.

Yang dihadiri oleh Ketua DPRD Inhil, Dandim, Kapolres, Kadis serta pejabat eselon dilingkungan Pemkab Inhil.

"Masyarakat Duanu adalah sekolompok masyarakat yang sebagian besar mendiami daerah  pesisisir di Kabupaten inhil, banyak penduduk Duanu mencapai jumlah lebih kurang 15 Ribu jiwa yang tersebar di Kabupaten Inhil, meliputi 7 kecamatan dan 13 Desa di Kabupaten Inhil ini." Papar Wardan saat dijumpai awak media saat itu.

Loading...
Beliau juga mengatakan bahwa, dalam catatan sejarah, masyarakat Duanu ini sebagian berasal dari Ras Proto Malay atau Melayu Tua yang telah ada sejak tahun 2500 sampai 1500 Sebelum Masehi (SM), mereka hidup secara Nomaden atau berpindah-pindah.

"Tetapi saat ini alhamdullilah masyarakat suku Duanu yang tinggal sudah menetap, dan Pemda Inhil dalam hal ini telah memberikan bantuan perumahan melalui program-program yang ada di Dinas Sosial," Ujarnya.

Lanjutnya lagi, Masyarakat Duanu memilki pilosopi Piak Duanu Lap Dedolak yang artinya tidaklah Duanu hilang di Laut, yang bermakna bahwa Eksitensi masyarakat Duanu dengan alam terutama laut yang menjadi habitatnya tidak dapat terpisahkan dan sangat melekat.

Selanjutnya, dari Ketua Pengurus Ikatan Keluarga Suku Duanu Riau (IKDR) yang baru dilantik H Hasmawi, bersyukur telah terpilih sebagai Ketua Pengurus Ikatan Keluarga Suku Duanu Riau (IKDR) Masa Bakti 2015-2018 Kabupaten Inhil

"Insyaallah kami akan bekerja sama dengan Pemkab inhil, dalam menampilkan kesenian-kesenian dari daerah kami yang menjadi ciri khas suku Duanu." Katanya.

"Duanu memiliki, seperti Atraksi Menongkah, Pengobatan Tradisional dan Bedenden, ciri khas dari kami ini adalah sebagai cambuk bagi kami mudah-mudahan tongkat sejarah Duanu ini kedepanya menjadi eksistensi lagi untuk kedepanya." Ujar H Asmawi.

Beliau juga menginginkan, mudah-mudahan ini menjadi cikal bakal yang sangat baik sekali, dan kami akan terus berusaha mengembang lagi budaya-budaya Duanu yang bisa tampilkan dari ciri khas Duanu sendiri.

Ikuti Terus Redaksiriau.co Di Media Sosial

Tulis Komentar


Loading...