UMKM Dapat Bantuan Subsidi Bunga Pinjaman 9 Persen, Tapi Terbentur BI Checking

Ilustrasi

REDAKSIRIAU.CO.ID - Pemerintah telah memberikan bantuan subsidi bunga pinjaman sebesar 9 persen kepada pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Kota Pekanbaru, Riau, untuk membantu mereka dalam menjalankan usaha.

Dengan program bantuan subsidi bunga pinjaman sebesar 9 persen ini, totalnya sudah ada 126 pelaku UMKM di Pekanbaru yang menerima bantuan.

"Alhamdulillah, sudah 126 yang memanfaatkan. Sebenarnya bisa lebih banyak lagi, namun terkendalanya di BI Checking saat mengajukan permohonan pinjaman," kata Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Pekanbaru, Sarbaini, pada Kamis (26/10/2023).

Loading...

Untuk memecahkan masalah yang ada, Sarbaini mengatakan bahwa mereka akan membuat aturan lebih sederhana.

"Jadi, aturan di BPR akan lebih mudah dipahami di masa depan. Saat ini, sekitar 400 pengusaha kecil dan menengah sudah mendaftar," jelas Sarbaini.

Program subsidi bunga ini akan diteruskan tahun depan. Menurut Sarbaini, hal ini akan membantu memulihkan ekonomi negara.

"Insya Allah, tahun depan kita akan melanjutkannya. Karena program ini bertujuan untuk membantu pemulihan ekonomi nasional," katanya.

Dalam program prioritas Pemerintah Kota Pekanbaru, pengusaha kecil dan menengah dapat meminjam hingga Rp15 juta dari Bank Perkreditan Rakyat (BPR). Pemko Pekanbaru akan menanggung 9 persen dari pinjaman tersebut. (mcr/ragil)

Ikuti Terus Redaksiriau.co Di Media Sosial

Tulis Komentar


Loading...