Akhir Oktober Ada Gerhana Bulan Sebagian, Ini Lokasinya

Gerhana bulan sebagian (Arsip BMKG).

REDAKSIRIAU.CO.ID - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan, menjelang akhir bulan Oktober ini, masyarakat bisa melihat fenomena alam gerhana bulan sebagian.

"Gerhana bulan sebagian akan terjadi pada 29 Oktober 2023,” ungkap pihak BMKG dalam siaran pers, dikutip pada Sabtu (21/10/2023).

Pihak BMKG memperkirakan durasi gerhana dari fase gerhana mulai hingga gerhana berakhir  adalah sekitar empat jam dan 28 menit. Sedangkan durasi parsialitas, yaitu lama waktu dari fase gerhana sebagian mulai hingga gerhana sebagian berakhir terjadi selama 1 jam dan 18 menit.

Loading...

BMKG menyebutkan Papua, sebagian besar Papua Barat, dan sebagian Maluku akan mendapati gerhana bulan dari awal hingga bulan terbenam saat fase gerhana bulan sebagian sedang berlangsung.

Pengamat yang berada di sebagian kecil Papua Barat, sebagian Maluku, Maluku Utara, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, NTT, NTB, Bali dapat mendapati gerhana bulan dari  awal hingga  bulan terbenam  saat fase gerhana bulan  penumbra sedang berlangsung.

"Fase yang sama juga bisa ditemui di Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, sebagian Kalimantan Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, dan sebagian Jawa Barat,” ungkap BMKG.

Sementara itu sebagian Kalimantan Barat, sebagian Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten,  Lampung, Sumatera Selatan, Bengkulu, Bangka Belitung, Jambi, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Sumatera Utara, dan Aceh akan dapat mengamati gerhana bulan dari awal hingga gerhana berakhir.  (MCR/Ragil)

Ikuti Terus Redaksiriau.co Di Media Sosial

Tulis Komentar


Loading...