Daftar Harga Komoditi Perkebunan di Riau

Buah kelapa. Foto: freepik

REDAKSIRIAU.CO.ID - Kepala Bidang Pengolahan dan Pemasaran Dinas Perkebunan (Disbun) Provinsi Riau, Defris Hatmaja, menyampaikan terdapat perubahan signifikan dalam harga komoditi perkebunan di Riau.

Untuk produk kelapa butiran di Kabupaten Kuansing, Kampar, Kepulauan Meranti, dan Kabupaten Inhil, harga pada periode minggu ini mencapai Rp2.680,- per kilogram.

"Hal ini menandakan pada produk kelapa butiran ada kenaikan sebesar Rp105 dari harga minggu sebelumnya," kata Defris Hatmaja, dikutip Kamis (28/9/2023).

Loading...

Sementara itu, harga kopra mutu kering (100%) di Kabupaten Indragiri Hilir dan Kabupaten Kepulauan Meranti mengalami penurunan, mencapai Rp5.050,- per kilogram.

"Terjadi penurunan harga sebesar Rp25 dari harga minggu lalu pada komoditi kopra mutu kering," jelasnya.

Di sisi lain, harga tepung sagu basah di Kabupaten Indragiri Hilir dan Kabupaten Kepulauan Meranti tetap stabil pada angka Rp. 2.375,- per kilogram, sama dengan harga pada minggu sebelumnya.

Adapun harga pinang kering (100%) mengalami kenaikan di beberapa wilayah, yaitu di Kabupaten Kampar, Kabupaten Siak, Kabupaten Kuantan Singingi, Kabupaten Indragiri Hilir, Kabupaten Kepulauan Meranti, dan Kabupaten Bengkalis.

"Pada periode minggu ini, harga pinang kering mencapai Rp5.760,- per kilogram, mengalami kenaikan sebesar Rp 160 dari harga pada minggu sebelumnya," jelasnya.

Perubahan harga komoditi perkebunan ini dapat dipengaruhi oleh sejumlah faktor, termasuk kondisi cuaca, permintaan pasar, dan faktor-faktor ekonomi lainnya," imbuhnya.

Defris Hatmaja juga menekankan pentingnya pemantauan terus-menerus terhadap dinamika pasar untuk memastikan keseimbangan antara penawaran dan permintaan, serta kestabilan harga bagi para pelaku usaha di sektor perkebunan di Provinsi Riau. (MCR/Ragil)

Ikuti Terus Redaksiriau.co Di Media Sosial

Tulis Komentar


Loading...