Pemain Ini Dibayar Rp 14,8 M Cuma Ikat Tali Sepatu

REDAKSIRIAU.CO.ID Edson Arantes do Nascimento atau lebih dikenal sebagai Pelé adalah legenda sepak bola dunia yang berasal dari Brasil.

Selama kariernya sebagai pemain, Pele berhasil membawa Brasil menjadi Juara Dunia Piala Dunia FIFA sebanyak 3 kali, yaitu pada tahun 1958 di Swedia, tahun 1962 di Chili, dan tahun 1970 di Meksiko.

Namun siapa sangka Pele pernah dibayar oleh Apparel Puma sebesar $120K atau senilai 1 juta USD atau jika di kurs rupiah menjadi Rp.14.805.150.000 dengan nilai sekarang hanya untuk mengikat tali sepatu di tengah lapangan.

Loading...

Dilansir dari akun Twitter @garistengah_id, pada tahun 1920an kakak adik Adolf dan Rudolf membuat sebuah brand sepatu yang bernama Dassler Brother Shoe Factory.

Dan di tahun 1936, Adolf dan Rudolf meminta sprinter Jesse Owens untuk memakai sepatu mereka di Olimpiade yang diselenggarakan di Berlin.

Hasilnya? Jesse Owens berhasil meraih 4 emas dan menaikkan popularitas brand sepatu Adolf dan Rudolf.

Namun kemesraan dua saudara ini terpecah ditahun 1943 karena Rudolf dianggap berafiliasi dengan Nazi. Rudolf menilai saudaranya, Adolf sebagai orang yang menyebarkan rumor tersebut sehingga membuatnya ditangkap.

Akibat dari perselisihan itu, Adolf dan Rudolf memilih untuk berpisah ditahun 1948. Mereka lalu membuat apparel masing-masing.

Rudolf mendirikan Puma, sementara Adolf mendirikan Adidas. Keduanya juga memutuskan untuk tidak lagi melakukan komunikasi dengan tujuan bisnis.

Keputusan untuk tidak berkomunikasi tersebut akhirnya luluh dengan kehadiran seorang bintang sepak bola, Pele.

Puma dan Adidas bersepakat membuat “Pele Pact”, sebuah perjanjian untuk tidak mendekati Pele dalam kegiatan bisnis mereka.

Perjanjian ini dibuat karena saat itu endorsement pada atlet mulai populer.

Untuk menghindari bidding/penawaran harga yang kemungkinan bisa membuat salah satu bangkrut, akhirnya mereka memutuskan untuk menjauhi Pele dari kegiatan bisnis.

Namun, Rudolf sang pemilik Puma mengingkari perjanjian tersebut. Pada Piala Dunia 1970, saat pertandingan quarter-final antara Brazil & Peru, Puma membayar Pele untuk berlutut di tengah lapangan dan mengikat sepatunya sebelum kick off.

Bukan hanya Pele saja yang dibayar oleh Puma, agar tidak kehilangan momen Puma juga membayar kameramen yang bertugas agar melakukan close-up shot saat Pele berlutut.

Semua orang menjadi tahu kalau Pele adalah atlet Puma. Apalagi Pele berhasil membawa Brasil menjadi juara Piala Dunia 1970 setelah mengalahkan Italia 4-1 di Final.

Penjualan Puma kemudian melesat dan meraih rekor penjualan tahunan.

sumber: bertuahpos.com

Ikuti Terus Redaksiriau.co Di Media Sosial

Tulis Komentar


Loading...