DPRD Pertanyakan Kualitas Instalasi Listrik

REDAKSIRIAU.CO.ID, PEKANBARU – Gedung Mal Pelayanan Publik (MPP) yang ada di Kota Pekanbaru habis dilahap si jago merah, Ahad 5 Maret 2023 pagi.

Untuk sementara, gedung yang ada di Jalan Jenderal Sudirman yang merupakan bekas dari Kantor Wali Kota Pekanbaru ini diduga terbakar karena hubungan pendek arus listrik.

 

Loading...

Sigit Yuwono, Anggota DPRD Kota Pekanbaru menuturkan sejatinya setiap 20 tahun sekali instalasi listrik harus diganti secara keseluruhan.

“Setiap OPD ini saya lihat menambah daya listrik saja, anggaran hanya untuk ganti lampu saja tidak perbaikan instalasi listrik. Tapi ukuran daya kabel tidak sesuai, sehingga beban listrik yang besar membuat kabel menjadi panas dan terbakar,” tuturnya, Selasa 7 Maret 2023.

Politisi Demokrat ini menegaskan bahwa gedung yang digunakan untuk MPP Pekanbaru ini adalah bangunan lama, dan ketika dialihfungsikan dari Kantor Wali Kota ke MPP hanya mengalami sedikit renovasi di bagian bangunan saja.

“Pemasangan instalasi saya lihat hanya menambah daya saja, seharusnya saat renovasi instalasi listrik secara keseluruhan harus diganti. Bukan mengambil atau menambah instalasi yang sudah ada,” jelasnya.

Sigit Yuwono menegaskan jika hanya dengan menambah lampu dan stop kontak listrik sangat berbahaya jika kabel yang digunakan tidak sesuai lagi dengan kapasitas yang bisa ditampungnya.

“Beban kabel sekian amper, dikasih puluhan amper. Habislah semuanya terbakar,” ucapnya.

Untuk menghindari terjadinya kebakaran di gedung pemerintahan maupun perumahan warga, seluruh bangunan yang sudah berusia 20 tahun lebih instalasi listriknya untuk diganti.

 

“Seluruh gedung yang berusia 20 tahun lebih wajib diganti, dan jangan sembarang menambah titik lampu,” tukasnya.

sumber  : bertuahpos.com

Ikuti Terus Redaksiriau.co Di Media Sosial

Tulis Komentar


Loading...