Kisah Relawan di Riau Saat Pandemi Covid 19

REDAKSIRIAU.CO.ID, PEKANBARU - Sejak adanya peminjaman tabung oksigen gratis oleh Relawan Peduli Covid-19 Riau di Kota Pekanbaru, kini diburu warga hingga rumah sakit.

Ketua Relawan Peduli Covid-19 Riau Toni Lim mengatakan, setiap hari ada warga yang datang meminta pinjam tabung oksigen berukuran enam kubik itu.

"Setiap hari ada yang datang pinjam. Mereka membutuhkan oksigen untuk pasien Covid-19 yang mengalami sesak napas," kata Toni, Jumat (13/8/2021).

Loading...

Dia mengatakan, baru sepekan dibukanya peminjaman tabung oksigen, saat ini tinggal tiga tabung oksigen. Adapun stok awal berjumlah seratus tabung.

Namun, Toni mengatakan, saat ini stok sudah ditambah menjadi 140 tabung.

Bagi yang ingin meminjam, bisa datang ke posko Relawan Peduli Covid-19 di Sekretariat Ikatan Keluarga Persaudaraan Tionghoa Bengkalis (IKPTB), Jalan Karya Indah nomor 8 Kelurahan Air Hitam, Kecamatan Payung Sekaki, Kota Pekanbaru, Riau.

"Dari 100 tabung kita tambah jadi 120  tabung terus ditambah lagi dan sekarang totalnya 140 tabung. Tabung oksigen yang sudah habis kita isi ulang lagi," sebut Toni.

Menurutnya, kebutuhan oksigen saat ini terbilang sangat tinggi. Sehingga, pihaknya akan terus menambah jumlah tabung oksigen.

Tak hanya warga, pihak rumah sakit pemerintah juga meminta pinjam oksigen gratis ke relawan.

"Dari RSUD Kabupaten Siak pinjam 10 tabung. Kita memang peminjaman tabung oksigen kepada yang benar-benar membutuhkan. Seperti rumah sakit yang dalam kondisi kritis oksigen," kata Toni.

Toni mengaku bersyukur mendapat perhatian dan dukungan dari Gubernur Riau, Syamsuar, hingga Wali Kota Pekanbaru, Firdaus.

"Kami bersyukur peminjaman tabung oksigen gratis ini didukung semua pihak. Mulai dari Pak Kapolda Riau, Pak Wali Kota Pekanbaru hingga Pak Gubernur Riau sudah datang ke posko," sebut Toni.

Gubernur Riau Syamsuar menyampaikan apresiasi kepada Relawan Peduli Covid-19 Riau yang telah menyediakan tabung oksigen gratis.

Menurutnya, aksi relawan ini sangat bermanfaat dalam menanggulangi Covid-19.

"Saya berterima kasih kepada Relawan Peduli Covid-19 Riau. Karena, mereka ini turut membantu pemerintah dalam penanganan Covid-19. Apalagi, sekarang kan kasus meningkat, jadi banyak yang butuh oksigen," ucap Syamsuar saat mengunjungi posko Relawan Peduli Covid-19 Riau, Kamis (12/8/2021).

Dia menyebutkan, pihaknya saat ini telah membentuk satgas penanganan oksigen di Riau.

Langkah ini disiapkan untuk mencegah terjadinya kelangkaan oksigen di rumah sakit.

 

Kompas.com

Ikuti Terus Redaksiriau.co Di Media Sosial

Tulis Komentar


Loading...