2 Kapal Induk AS Dikerahkan ke Laut China Selatan

Ilustrasi/Int

REDAKSIRIAU.CO.ID - 2 kapal induk milik militer AS dikerahkan ke Laut China Selatan. Kedua kapal induk itu adalah USS Nimitz dan USS Ronald Reagan. Menurut Angkatan Laut AS ini merupakan latihan terhadap dukungan Indo-Pasifik, ‘yang bebas-terbuka’.

“Tujuannya adalah untuk menunjukkan sinyal yang tepat kepada para mitra dan sekutu kami bahwa kami berkomitmen pada keamanan dan stabilitas kawasan,” kata Laksamada George M Wikoff yang dikutip Wall Street Journal.

Wikoff merupakan Komandan Gugus Serbu di kapal induk USS Ronald Reagam. Dia menegaskan bahwa latihan ini bukan bentuk respon terhadap latihan militer yang digelar China.

Loading...

Reuters melaporkan tidak dijelaskan titik lokasi latihan yang dilakukan AS. Sementara Larut China Selatan terbentang pada hamparan 1.500 kilometer, berdasarkan klaim 6 negara; China, Taiwan, Brunei, Malaysia, Filipina, dan Vietnam. Seluas 90% dari wilayah tersebut diklaim oleh China.

China dan AS kerap ‘berseteru kata’ terhadap Laut China Selatan. Keduanya kerap saling menuding sebagai penyebab ketegangan di kawasan. Menurut Angkatan Laut AS, mereka telah lama melakukan latihan rutin di Pasifik barat, termasuk Laut China Selatan.

 

bertuahpos.com

Ikuti Terus Redaksiriau.co Di Media Sosial

Tulis Komentar


Loading...