5 Vitamin yang Penting dan Diperlukan bagi Kesehatan Kulit

REDAKSIRIAU.CO.ID Penelitian menunjukkan bahwa beberapa vitamin mungkin memainkan peran penting dalam kesehatan kulit. Dalam banyak kasus, vitamin ini paling efektif ketika seseorang mengoleskannya langsung ke kulit. Mengikuti diet sehat dan seimbang yang bebas dari kekurangan vitamin dan nutrisi juga dapat meningkatkan kesehatan kulit dengan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. 

Sementara, produsen perawatan kulit dan suplemen mengklaim bahwa vitamin yang tepat dapat merevolusi kesehatan kulit, melawan penuaan, dan menyembuhkan jerawat. Pada dasarnya, vitamin adalah zat alami yang dibutuhkan tubuh manusia untuk berfungsi secara normal. Jadi, cara utama vitamin mempengaruhi kesehatan kulit adalah dengan memastikan bahwa tubuh tetap sehat secara keseluruhan.

Lantas vitamin apa saja yang baik untuk kulit? Berikut daftarnya seperti dilansir dari Medical News Today. 

1. Vitamin A
Banyak multivitamin mengandung 100% atau lebih dari asupan vitamin A harian yang direkomendasikan. Sumber lain yang baik dari vitamin A adalah wortel, sayuran berdaun hijau gelap, ubi jalar dan telur. Retinoid, termasuk retinol, tretinoin, isotretinoin, dan bahan kimia sejenisnya, diproduksi dalam bentuk vitamin A. Produk-produk ini berbentuk krim dan serum untuk dioleskan langsung ke kulit.



Banyak penelitian mendukung manfaat retinoid untuk kesehatan kulit. Retinoid meningkatkan pergantian sel, tekstur dan warna kulit, mengelupas kulit kusam dan kulit mati, melawan jerawat, dan memperlambat tanda-tanda penuaan. Retinoid dapat digunakan sekali atau dua kali per minggu sebelum tidur, kemudian secara bertahap tingkatkan frekuensi penggunaan menjadi sekali sehari.



2. Vitamin B Kompleks
Beberapa vitamin B kompleks dapat meningkatkan kesehatan kulit. Vitamin yang larut dalam air sudah tersedia sebagai suplemen, termasuk sebagai suplemen yang mencakup semua 12 vitamin B kompleks. Sebuah studi tahun 2018 menemukan bahwa vitamin B dapat membantu tubuh memproduksi sel-sel kulit baru yang sehat. Tidak semua penelitian telah menemukan manfaat seperti itu, meskipun banyak penelitian menunjukkan bahwa vitamin B kompleks paling efektif ketika orang menerapkannya langsung ke kulit.

Vitamin B3, atau niacinamide, dapat membantu beberapa tanda penuaan kulit. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa itu dapat membantu mengurangi munculnya bintik-bintik penuaan dan bentuk-bentuk perubahan warna kulit lainnya. Beberapa wanita melaporkan perbaikan pada kulit dan rambut mereka ketika mengambil vitamin prenatal yang mengandung asam folat. Vitamin B5 atau asam pantotenat terbukti dapat membantu mengatasi jerawat dan penuaan kulit. Sebuah uji coba terkontrol secara acak tahun 2014 menemukan bahwa orang yang menggunakan suplemen diet B5 selama 12 minggu melihat pengurangan yang signifikan pada jerawat dan peradangan kulit.

Sementara, penelitian tahun 2010 yang meneliti efek krim kulit yang mengandung vitamin E, B5, dan B3 menunjukkan terjadi peningkatan warna dan tekstur kulit dalam waktu 6 minggu. Ini juga membantu dengan bintik-bintik penuaan dan hiperpigmentasi. Beberapa sumber diet vitamin B kompleks termasuk daging, telur, makanan laut, kacang-kacangan dan biji-bijian.

3. Vitamin C
Vitamin C merupakan antioksidan yang dapat membalikkan kerusakan oksidatif yang diinduksi radikal bebas. Sebagian besar penelitian menunjukkan bahwa kerusakan oksidatif memainkan peran penting dalam penuaan, termasuk penuaan kulit. Secara teori, ini bisa berarti bahwa suplemen vitamin C dapat meningkatkan kesehatan kulit dan memperlambat proses penuaan kulit. Sebagian besar multivitamin mengandung vitamin C, dan itu juga tersedia di banyak buah jeruk serta sebagian besar sayuran, termasuk brokoli, kembang kol dan labu.

Ikuti Terus Redaksiriau.co Di Media Sosial

Tulis Komentar


Loading...