Tiap Tahun 240 Ribu Anak Perempuan India Tewas, Ditambah Aborsi Janin Perempuan

REDAKSIRIAU.CO Studi terbaru menemukan, hampir seperempat juta anak perempuan di India tewas setiap tahunnya karena diskriminasi gender. 

Diskriminasi gender telah  membunuh hampir seperempat juta anak perempuan di bawah usia lima tahun setiap tahun. Masyarakat India memang memprioritaskan anak laki-laki.

Penulis jurnal medis The Lancet, Christophe Guilmoto dari Universitas Paris Descartes mengatakan, sekitar 240 ribu anak perempuan yang ditemukan menjadi korban diskriminasi ini tidak termasuk kasus aborsi setelah hasil USG menunjukan bayi yang dikandung berjenis kelamin perempuan.

Loading...

“Diskriminasi berbasis gender terhadap anak perempuan tidak hanya mencegah mereka lahir, tetapi juga dapat memicu kematian orang-orang yang dilahirkan,” kata Guilmoto, seperti dilansir Asia Correspondent pada 15 Mei 2018.

Menurut para peneliti, kesertaraan gender tidak hanya tentang hak atas pendidikan, pekerjaan atau representasi politik, tetapi juga tentang perawatan, vaksinasi, dan gizi anak perempuan untuk terus bertahan hidup.
 

Guilmoto dan tim menggunakan data populasi dari 46 wilayah di India untuk menghitung berapa banyak bayi perempuan yang meninggal di masyarakat di mana tidak ada dampak diskriminasi, dan berapa banyak yang meninggal dalam kenyataan.

Perbedaannya, sekitar 19 kematian dari setiap 1.000 anak perempuan yang lahir antara tahun 2000 dan 2005, disebabkan efek bias gender. Ini setara dengan sekitar 239.000 kematian per tahun atau 2,4 juta selama satu dekade.

"Sekitar 22 persen beban kematian keseluruhan anak gadis berusia di bawah lima tahun di India akibat sikap prasangka gender," demikian pernyataan Institut Internasional untuk Sistem Analisis Terapan (IIASA) berkantor di Austria.

Masalah itu terutama cukup parah di utara India dengan negara bagian seperti Uttar Pradesh, Bihar, Rajasthan dan Madhya Pradesh, menyumbang dua pertiga dari kematian. Yang paling terpengaruh adalah wilayah pertanian pedesaan India yang tingkat pendidikannya rendah, kepadatan penduduk tinggi dan tingkat kelahiran tinggi.

Pelecehan terhadap anak perempuan di India terjadi baru-baru ini setelah serentetan kasus perkosaan brutal yang memicu protes luas yang menyerukan diakhirinya budaya impunitas yang ada. India mencatat sekitar 40 ribu kasus perkosaan pada 2016, naik dari 25 ribu kasus pada 2012

 

tabloidbintang.co

Ikuti Terus Redaksiriau.co Di Media Sosial

Tulis Komentar


Loading...