Berbagi Berkah Merangkul Asa Pendidikan Anak Indonesia

REDAKSIRIAU.CO  Berdasarkan data dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2016, tercatat 70% infrastruktur ruang kelas untuk pendidikan di Indonesia mengalami kerusakan.


Bahkan, 152.000 ruang kelas dari persentase tersebut, mengalami kerusakan dalam kategori parah atau berat. Kondisi tersebut tentu membuat kegiatan belajar mengajar menjadi tidak kondusif. Keresahan dan merasa terancam dengan kondisi bangunan sekolah yang memprihatinkan, setiap hari membayangi para generasi penerus bangsa.
Bukan di pelosok saja yang memiliki kondisi ruang kelas sekolah yang memprihatinkan, dan mengancam jutaan anak Indonesia dalam kegiatan belajarnya. Tak jauh dari ibukota, di Madrasah Ibtidaiyah Mathlaul Huda Batok, Tenjo, Kabupaten Bogor, ratusan siswanya belajar di bawah atap ruang kelas yang nyaris roboh.
Lebih dari 30 tahun berdiri, bangunan MI Mathlaul Huda Batok, layak untuk mendapatkan pemugaran atau renovasi.

Ya, MI Mathlaul Huda Batok adalah salah satu dari ribuan sekolah dengan kondisi ruang kelas rusak. Bahkan sekitar dua tahun lalu, di kota penyangga ibukota, tepatnya di SDN 01 Sawangan Depok, ratusan siswanya juga mengalami keresahan belajar yang sama, yaitu lantaran ruang kelas tak layak pakai dan nyaris roboh. Kucuran dana dari pemerintah tak cukup untuk merenovasi semua ruang kelas di sekolah tersebut.

Loading...


Hingga akhirnya, program infak via kasir yang diinisiasi Dompet Dhuafa dan Hypermart (PT. Matahari Putra Prima), dapat kembali menyemai senyum siswa-siswi SDN 01 Sawangan. Mereka tak khawatir lagi saat belajar di sekolah. Karena tak hanya ruang kelas baru dan nyaman, guliran program sinergi bersama dari Dompet Dhuafa juga menghadirkan mushala baru untuk beribadah.
Dua sekolah tersebut hanyalah potret terdekat dari kondisi nyata infrastruktur pendidikan di Indonesia, yang tentunya juga sangat dekat lokasinya dari ibukota.


Bukan tak mungkin lagi, jika di pelosok sana, di pulau-pulau terluar bangsa, masih banyak anak-anak Indonesia belajar dalam keresahan, kekhawatiran maupun ancaman jiwa lantaran ruang kelasnya nyaris roboh, dan siap menimpa siapa saja dalam waktu yang tak disangka.
Di #BulanKemanusiaan ini, Dompet Dhuafa kembali mengajak semua untuk berperan dalam mengupayakan ruang-ruang pendidikan terbaik anak bangsa. Karena dari pendidikan, generasi unggulan nan gemilang Indonesia, terlahir di sana. Sinergi dan gerak bersama menjadi jalan terbaik merawat Indonesia, menjaga asa dari cita-cita anak bangsa.
Mari bantu mereka dengan menghadirkan ruang kelas yang layak dan nyaman untuk belajar.

Di BulanKemanusiaan bisa saja ini menjadi langkah awal kita berperan sebagai pahlawan bagi sesama.
Pahlawan yang tak harus berperang mengusir penjajah. Tetapi adalah pahlawan yang berani berperan dengan memberikan apa yang kita punya, untuk kemuliaan sesama. Saatnya berbagi berkahmu di kemanusiaan.dompetdhuafa.org , untuk terus merangkul asa bagi Indonesia. 

Ikuti Terus Redaksiriau.co Di Media Sosial

Tulis Komentar


Loading...