TUTUP

Ini Penyebab Penerimaan Negara Turun dari Kemenkumham

Senin, 05 September 2016 | 17:12:48 WIB
Ini Penyebab Penerimaan Negara Turun dari Kemenkumham
REDAKSIRIAU.CO, JAKARTA -Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang dikelola oleh Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) mengalami penurunan. Penurunan itu imbas dari bertambahnya daftar negara bebas visa setiap tahunnya.

  

   "PNBP dari visa menurun, padahal menjadi satu sektor yang paling besar sumbangannya untuk kita. Hal ini karena salah satu faktornya diberlakukannya Perpres Nomor 21 Tahun 2016 yang menambah jumlah bebas visa menjadi 169 negara," kata Sekretaris Jenderal Kemenkumham Bambang Rantam Sariwanto dalam rapat kerja bersama Panja Banggar DPR RI yang membahas mengenai asumsi dasar, pendapatan, defisit dan pembiayaan RUU APBN 2017, Senin (5/9/2016).

  

   Dia menerangkan bahwa dari target PNBP sebesar Rp3,6 triliun tahun ini, realisasi pada Agustus 2016 baru mencapai sekitar Rp2,1 triliun. Menurutnya hal ini disebabkan karena negara yang termasuk dalam daftar negara bebas visa tiap tahunnya semakin bertambah, sehingga wisatawan mancanegara (wisman) yang berkunjung dan dibebas visakan juga semakin banyak.

  

   Karena adanya penambahan negara bebas visa itu, akhirnya membuat Kemenkumham menetapkan target PNBP di 2017 menjadi sebesar Rp2,8 triliun. Target tersebut lebih rendah dibandingkan dengan target PNBP Kemenkumham tahun sebelumnya.

  

   "Kita berupaya terus hingga akhir tahun. Sesuai target yang diterapkan. Ini memang menurun sekali angkanya. Tapi kita sangat memaklumi karena setiap kebijakan itu pasti ada konsekwensinya. Di sisi lain, memang pembebasan visa itu, memberikan kontribusi yang baik untuk kementerian lain seperti Kementerian Pariwisata," tandasnya.

  

  

Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Istri Beli Rokok Murah, Anak Tiri Dibunuh

2
Turnamen H1 Pool Billiard & Cafe

KONI Inhil Buka Turnamen di H1 Pool Billiard & Cafe

3

Personil Polsek Tempuling Lakukan Sosialisasi Pemilu Damai Usai Solat Magrib Berjamaah

4

Lakukan Sosialisasi Pemilu Damai Usai Suling, ini Harapan AKP Osben Samosir

5

Polsek Tempuling Cooling System di Jalan Propinsi Sungai Salak