TUTUP

Perlu Dukungan Pemerintah Membangun Ekosistem Industri Digital di Indonesia

Jumat, 29 April 2016 | 07:09:54 WIB
Perlu Dukungan Pemerintah Membangun Ekosistem Industri Digital di Indonesia tribunnews.com
REDAKSIRIAU.CO, JAKARTA - Pembina Indonesia Technology Forum (ITF) Hasnul Suhaimi, mengatakan industri telekomunikasi dan digital Indonesia mempunyai peluang untuk tumbuh sangat cepat dan besar.

Agar tidak ketinggalan dibanding negara lainnya, perlu dukungan dari pemerintah untuk membangun ekosistem industri digital di Indonesia.

"Penetrasi Internet harus bisa ditingkatkan dengan cepat. Pemerintah juga harus membuka jalan dan memberikan berbagai insentif agar industri digital ini bisa tumbuh dan mendapat akses pendanaan,” ujar Hasnul Suhaimi di Jakarta, Kamis (28/4/2016).

Pelaku industri digital baik itu produsen hardware maupun pengembang aplikasi, harus terus meningkatkan kualitasnya agar bisa bersaing di tingkat global.

"Selain itu juga sekaligus memperkuat jumlah pemakai agar membeli nilai lebih, serta menerapkan strategi marketing yang jitu agar lebih populer di kalangan masyarakat," katanya.

Dikatakan mantan bos XL itu, berkembangnya industri digital juga tidak lepas dari fasilitas infrastruktur yang memadai.

Pemerintah melalui Kementerian Kominfo cukup sigap dengan proyek pembangunan infrastruktur jaringan tulang punggung serat optik nasional demi pemerataan akses pitalebar (broadband) yang diberi nama Palapa Ring. Proyek ini melayani 57 kabupaten/kota di Indonesia dengan total panjang 11.000 km dan diproyeksikan akan selesai pada akhir 2018.

Sementara itu infrastruktur jaringan seluler juga kian berkibar dengan telah dikomersialkannya layanan 4G LTE oleh semua operator yang ada di Indonesia.

Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Istri Beli Rokok Murah, Anak Tiri Dibunuh

2
Turnamen H1 Pool Billiard & Cafe

KONI Inhil Buka Turnamen di H1 Pool Billiard & Cafe

3

Personil Polsek Tempuling Lakukan Sosialisasi Pemilu Damai Usai Solat Magrib Berjamaah

4

Lakukan Sosialisasi Pemilu Damai Usai Suling, ini Harapan AKP Osben Samosir

5

Polsek Tempuling Cooling System di Jalan Propinsi Sungai Salak