TUTUP

Kabut Asap di Pekanbaru Makin Tebal, Aktivitas Penerbangan di SSK II Masih Normal

Senin, 26 Agustus 2019 | 14:12:38 WIB

REDAKSIRIAU.CO.ID PEKANBARU - Kabut asap yang menyelimuti Kota Pekanbaru kian tebal. Kualitas udara bahkan sempat dinyatakan buruk.

Namun sejauh ini aktivitas penerbangan di Bandara SSK II Pekanbaru belum terganggu.   Executive General Manager Bandara SSK II Pekanbaru, Yogi Prasetiyo mengatakan sejauh ini aktivitas penerbangan masih berlangsung seperti biasa.

Jarak pandang di Bandara SSK II masih pada kisaran 2000 meter atau 2 KM dan diklaim kegiatan penerbangan masih bisa dilakukan pada jarak pandang demikian. "Sejauh ini masih aman untuk penerbangan," katanya.   Dia menambahkan, hal demikian bisa dilihat dari aktivitas take off dan landing pesawat yang terpantau masih normal.

Sementara itu pihak maskapai sendiri juga belum ada melapor terhadap kendala penerbangan akibat kabut asap di Pekanbaru.

  Sekedar informasi saja, Provinsi Riau masih sebagai daerah dengan penyumbang jumlah hotspot terbanyak di Sumatera. Berdasarkan laporan pantauan satelit yang dikeluarkan oleh BMKG Stasiun Pekanbaru, dari 90 hotspot, sebanyak 41 diantaranya terhadap di Riau, dengan tingkat kepercayaan di atas 50%, hari ini, Senin, 26 Agustus 2019. 

Kasi Data dan Informasi BMKG Stasiun Pekanbaru, Marzuki menjelaskan, sebanyak 41 hotspot itu tersebar di lima darah di Riau. Daerah menyumbang hotspot terbanyak adalah Bengkalis dengan jumlah 14 titik, lalu Inhil 13 titik dan Kabupaten Pelalawan terpantau muncul sebanyak 10 titik.   "Kalau di Rohil dan Inhu, masing-masing terpantau ada dua titik panas yang muncul hari inu," kata Marzuki. 

 Dia menambahkan, untuk hotspot dengan tingkat kepercayaan di atas 70% di Riau terdapat 27 titik yang disumbangkan tiga daerah. Yakni di Kabupaten Bengkalis ada  12 titik, Pelalawan lima da  Inhil 10 titik. Titik panas ini diduga merupakan titik api di lahan yang terbakar.   Di Sumatera, selain di Riau ada beberapa daerah lain yang juga terpantau menyumbang hotspot hari ini. Diantaranya Sumsel dengan jumlah titik sebanyak 15 titik, Jambi dan Kepri masing-masing menyumbang sembilan titik, Babel lima titik dan Lampung empat titik.

   Untuk kondisi cuaca pada pagi ini terpantau cerah berawan dengan potensi penurunan jarak pandang disebabkan oleh partikel kering sehingga menyebabkan udara kabur dan asap. Serta potensi hujan ringan hingga sedang di sebagian wilayah Inhil, Inhu, dan Kuansing. 

 Sedangkan pada siang hari nanti kondisi cuaca juga cerah berawan dengan potensi hujan ringan bersifat lokal di sebagian wilayah Bengkalis, Dumai, dan Inhil.

Sedangkan pada sore-malam, potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang dan tidak merata terjadi dihampir sebagian besar wilayah Riau. Lalu pada dini hari juga berpotensi hujan dengan intensitas ringan hanya di sebagian wilayah Rohil.

Betuahpos

Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Istri Beli Rokok Murah, Anak Tiri Dibunuh

2
Turnamen H1 Pool Billiard & Cafe

KONI Inhil Buka Turnamen di H1 Pool Billiard & Cafe

3

Personil Polsek Tempuling Lakukan Sosialisasi Pemilu Damai Usai Solat Magrib Berjamaah

4

Lakukan Sosialisasi Pemilu Damai Usai Suling, ini Harapan AKP Osben Samosir

5

Polsek Tempuling Cooling System di Jalan Propinsi Sungai Salak