TUTUP

Pesan Khusus Menteri Keuangan Soal Ekonomi Pasca Terpilihnya Trump

Jumat, 11 November 2016 | 12:40:24 WIB
Pesan Khusus Menteri Keuangan Soal Ekonomi Pasca Terpilihnya Trump
REDAKSIRIAU.CO, NASIONAL - Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, setidaknya ada beberapa aspek yang akan diperhatikan Indonesia, dengan terpilihnya Donald Trump sebagai presiden AS ke-45.

Pertama adalah mengenai pandangan-pandangan dan kebijakan ekonomi perdagangan dan investasi yang akan dilakukan oleh Amerika, yang akan mempengaruhi hubungan dari sisi perdagangan dan investasi.

"Tentu ini akan mempengaruhi keseluruhan dunia, karena Indonesia lebih terekspos dengan Asia dan juga Amerika. Karena suka tidak suka, AS adalah pangsa pasar terbesar ekonomi dunia. Apakah itu tersangkut TPP, dan perdagangannya, terutama untuk Mexico," ujar dia saat jumpa pers di kantornya, Jakarta, Kamis (10/11/2016).

Terhadap negara-negara Asia yang lain, baik dari sisi perdagangan investasi dan dari sisi masalah keamanan atau Security atau kerja sama juga akan sangat mempengaruhi.

"Terhadap Eropa maupun terhadap perjanjian kerjasama dengan Jepang dan Korea Selatan, kita akan melihat itu sebagai sesuatu yang harus terus kita pantau. Bagaimana pengaruh secara langsung ataupun tidak langsung," tambahnya.

Yang kedua adalah mengenai isu perubahan iklim. Donald Trump memiliki rekam jejak tidak peduli terhadap isu perubahan iklim. Trump pernah mengatakan bahwa jika dia terpilih sebagai Presiden AS, dia akan membatalkan kesepakatan Paris dan menghentikan rencana AS menggelontorkan jutaan miliar dolar AS untuk membiayai program perubahan iklim.

Sementara, Indonesia menjadi salah satu negara yang mengalami dampak perubahan iklim cukup banyak.

"Ini juga akan sangat mempengaruhi, karena Amerika selama ini merupakan salah satu satu negara terbesar yang sangat terlambat di dalam mengakui dan mengikuti komitmen untuk climate change. Untuk Indonesia sebagai negara yang dalam hal ini juga terkena banyak sekali dampak dari climate change, dan komitmen dari semua negara untuk mempengaruhi climate change, ini akan sangat mempengaruhi dari sisi komitmen global untuk menghadapi climate change," ujar Sri.

Selain itu, Indonesia juga akan melihat hubungan antara Presiden terpilih dengan bank sentralnya, federal reserve. Kata Sri, selama ini, hal tersebut juga termasuk di dalam retorika dari presiden terpilih dengan Federal Reserve.

"Bagaimanapun juga posisi dari revolusi Federal Reserve tidak hanya mempengaruhi Amerika, tapi juga mempengaruhi seluruh dunia. Jadi bagaimana kemudian hubungan ini akan mempengaruhi rencana dari Federal Reserve untuk melakukan kebijakan moneter mereka, sesuai dengan apa yang selama ini dikomunikasikan, tentu akan mempengaruhi sentimen," ungkapnya.

"Jadi kita melihat beberapa aspek yang tentu akan mempengaruhi secara langsung atau tidak langsung dan juga mempengaruhi kondisi market terutama di level global. Kondisi ini akan terus kita pantau. Sehingga kita tentu akan membuat berbagai macam opsi agar Indonesia tidak tergantung, atau dalam hal ini rawan terhadap perkembangan atau situasi yang ada di dalam perkembangan pasar terutama di Amerika Serikat, dan kemudian akan berimbas pada pasar pasar di Eropa maupun pasar Asia," pungkas Sri Mulyani.

Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Istri Beli Rokok Murah, Anak Tiri Dibunuh

2
Turnamen H1 Pool Billiard & Cafe

KONI Inhil Buka Turnamen di H1 Pool Billiard & Cafe

3

Personil Polsek Tempuling Lakukan Sosialisasi Pemilu Damai Usai Solat Magrib Berjamaah

4

Lakukan Sosialisasi Pemilu Damai Usai Suling, ini Harapan AKP Osben Samosir

5

Polsek Tempuling Cooling System di Jalan Propinsi Sungai Salak