TUTUP

Paska Karhutla, Ini Upaya BLH Inhil Untuk Antisipasi Kebakaran Kedepannya

Selasa, 02 Februari 2016 | 15:37:18 WIB
Paska Karhutla, Ini Upaya BLH Inhil Untuk Antisipasi Kebakaran Kedepannya Int
REDAKSIRIAU.CO, TEMBILAHAN - Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian Kerusakan Lingkungan, Badan Lingkungan Hidup (BLH) Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Ardhi Yusuf, menyatakan bahwa saat ini pihaknya tengah berfokus dalam hal mencegah dan rehabilitasi dampak kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), serta akan mempidanakan pelaku pembakaran hutan yang secara sembarangan.

Dimaksudkan Ardhi dalam hal pembakaran hutan secara sembarangan yaitu, pelaku pembakaran hutan yang secara sengaja atau membakar tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, dan terkait dengan pelanggaran ini, salah satu upaya harus dilakukan adalah, merehabilitasi lahan-lahan kebakaran tersebut, sehingga menjadi lahan berpotensi kembali.

"Untuk mencegah agar tidak terjadinya pelanggaran terhadap peraturan ini, kami dari BLH telah menyelenggarakan program Masyarakat Peduli Api," sebut Ardhi Yusuf, saat dijumpai redaksiriau.co diruang kerjanya, Jalan Akasia No.1 Tembilahan, Riau, Selasa (2/2/2016).

Ia juga mengatakan, untuk program rehabilitasi hutan, BLH akan melakukan penerapan pada lahan-lahan gambut yang terbakar pada beberapa waktu lalu.

"Setelah beberapa waktu yang lalu pernah menjadi daerah eksportir asap dengan hotspot terbanyak, maka sekarang kita akan lakukan rehabilitasi terhadap lahan-lahan itu," katanya.

Terkait dengan upaya yang akan dilakukan ini, lanjutnya, pihak BLH Kabupaten inhil terhadap rehabilitasi lahan dan hutan pasca kebakaran kemarin, ini merupakan tugas dan bagian dari Tupoksi BLH sendiri.

"Saya juga menyarankan bagi aparatur dan masyarakat desa untuk merancang peraturan desa (Perdes) tentang konsekuensi pembakaran hutan dan lahan sebagai turunan dari Undang-undang terkait," tandasnya.

Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Istri Beli Rokok Murah, Anak Tiri Dibunuh

2
Turnamen H1 Pool Billiard & Cafe

KONI Inhil Buka Turnamen di H1 Pool Billiard & Cafe

3

Personil Polsek Tempuling Lakukan Sosialisasi Pemilu Damai Usai Solat Magrib Berjamaah

4

Lakukan Sosialisasi Pemilu Damai Usai Suling, ini Harapan AKP Osben Samosir

5

Polsek Tempuling Cooling System di Jalan Propinsi Sungai Salak