TUTUP

Terorisme Ibu Dan Anak, Begini Menurut Psikolog

Sabtu, 19 Mei 2018 | 11:21:30 WIB
Terorisme Ibu Dan Anak, Begini Menurut Psikolog

REDAKSIRIAU.CO - Aksi terorisme yang melibatkan wanita dan anak-anak, merupakan hal baru di Indonesia. Tentu saja, banyak orang bertanya mengapa seorang wanita mau melakukan aksi bunuh diri, mengapa juga mereka tega membawa anak-anaknya dalam aksi bom bunuh diri. Dimana rasa keibuan mereka?

Begitulah sebagian besar dari banyak pertanyaan yang berkecamuk saat aksi bom teror yang melibatkan wanita dan anak-anak, di 3 gereja, rusun di Sidoarjo, dan Mapolres Surabaya.

Tercatat 3 orang ibu pelaku terorisme tewas, 11 anak-anak ikut terlibat, 4 di antaranya selamat dari kematian. Lalu, bagaimana menjawab mengenai aksi teror ibu dan anak ini?

Seorang psikolog Elizabeth Santosa, M.Psi, Psi, SFP, ACC, membuat sebuah analisa aksi bom bunuh diri 13 Mei yang melibatkan ibu dan anak dengan tajuk.

Dalam tulisan tersebut, dia mengisahkan bahwa pelaku terorisme wanita di dunia bukan hal baru. Di erah 1970-1980-an, sebuah organisasi di Amerika Latin dengan nama organisasi Sandinista National Liberation Front disingkat FSLN di Nicaragua; Farabundo Marti National Liberation Front (FMLN) di El Savador; Shining Path di Peru.

Organisasi teroris tersebut menggunakan strategi melakukan serangan dengan menggunakan wanita dan anak-anak. Serangan ini seringkali tidak disangka pihak lawan mereka

“Stereotip wanita sebagai seseorang yang memiliki karakter ke-ibuan penuh kasih dan anak anak yang terlihat tidak berbahaya bahkan rapuh seringkali lolos observasi dan kecurigaan dari petugas keamanan setempat,” tulis Elizabeth.

Lain itu, saat melakukan perjuangan, wanita memiliki daya tahan, keberanian, dan kemampuan yang tinggi saat terpojok dibandingkan kaum pria. Kemudian, wanita juga lebih foks dan tidak terganggu saat menjalankan tugas, dibandingkan kaum pria.

Lalu, bagaimana dengan motivasi seorang wanita, seorang ibu melakukan aksi terorisme. Ikuti artikel selanjutnya bertajuk “Teroris Wanita Lebih Berdarah Dingin Dibandingkan Pria”

Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Istri Beli Rokok Murah, Anak Tiri Dibunuh

2
Turnamen H1 Pool Billiard & Cafe

KONI Inhil Buka Turnamen di H1 Pool Billiard & Cafe

3

Personil Polsek Tempuling Lakukan Sosialisasi Pemilu Damai Usai Solat Magrib Berjamaah

4

Lakukan Sosialisasi Pemilu Damai Usai Suling, ini Harapan AKP Osben Samosir

5

Polsek Tempuling Cooling System di Jalan Propinsi Sungai Salak