REDAKSIRIAU.CO,   PEKANBARU - Setelah mengantongi izin prinsip embarkasi antara untuk keberangkatan Calon Jamaah Haji (CJH), Pemerintag Provinsi Riau mendesak agar pemerintah ousat segera menuntaskan urusan ini. Dengan harapan keberangkatan CJH tahun 2017 nanti, sudah menggunakan embarkasi sendiri.

Asisten I Setdaprov Riau, Ahmadsyah Harrofie mengatakan, izin prinsip yang sudah dikeluarkan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI, menjadi bukti bahwa Riau sudah suap memberangkatkan CJH melalui embarkasi sendiri. Selama ini keberangkatan CHJ asal Riau melalui embarkasi haji di Batam, Kepulauan Riau.

"Sekarang kita tinggal menunggu tim dari lintas departemen terkait untuk melihat kesiapan pemerintah setempat. Karena izin prinsip kita sudah dapat, makanya kita diminta untuk melakukan koordinasi dengan departemen dan instansi terkait lainnya," katanya.

Dia menambahkan, kemungkinan besar tim lintas departemen akan turun melakujan tinjauan langsung kelayakan embarkasi antara di Riau. Diperkirakan tim itu akan mendarat di Riau pada awal Januari 2017 nanti. "Kemungkinan tanggal 04 Januari," katanya. Sebab pada tanggal itu juga akan dilakukan MoU antara Pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Arab Saudi untuk kuota haji.

Sambil menunggu itu, kata Ahmadsyah Harrofie, Pemprov Riau meminta untuk terus dilakukan koordinasi dengan departemen dan pihak terkait lainnya. Diantaranya Kementerian Agama RI, Kementerian Perhubungan RI dan Kemebterian Kesehatan RI, serta beberapa instansi pemerintah lainnya, yang dianggap mendukung terlaksananya embarkasi antara untuk CJH di Riau.