REDAKSIRIAU.CO, PEKANBARU - Menjelang akhir tahun 2016, beberapa jenis ikan di pasaran masih terpantau mengalami kenaikan harga yang tinggi.

Misalnya saja untuk jenis ikan sungai. Tidak jauh berbeda dari harga minggu lalu. Diperkirakan harga ikan dalam waktu dekat ini menjelang akhir tahun tetap bertahan diharga sebelumnya.

Disampaikan oleh Yani, seorang penjual ikan di pasar Palapa, jalan Durian Pekanbaru. Jika dibanding dengan ikan nila, harga untuk jenis ikan sungai justru melambung sampai ke harga Rp90 ribu, dari sebelumnya Rp75 ribu sampai Rp80 ribu per kilogramnya.

"Harga tidak terlalu banyak berubah. Lebih kurang masih sama dengan minggu kemarin. Untuk ikan nila sendiri justru mengalami penurunan harga sebesar Rp2 ribu. Dari sebelumnya Rp40 ribu kini menjadi Rp38 ribu per kilogramnya," katanya, Selasa (13/12/2016).

Lebih lanjut dia mengatakan, jenis ikan sungai yang saat ini mengalami lonjakan harga tertinggi, yakni jenis ikan sungai seperti ikan baung, ikan gabus dan sejenisnya. Saat ini harga ikan baung tetap bertahan diharga Rp90 ribu.

Untuk harga ikan gabus Rp60 ribu dari sebelumnya Rp45 ribu. Kenaikan harga ikan sungai ini juga sudah berlangsung selama sebulan terakhir. Hal ini kata Yani, lebih disebabkan karena kondisi cuaca yang sedang buruk. Sehingga membuat hasil tangkapan dan hasil panen nelayan tidak maksimal.

"Sekarang sungai lagi pasang. Kalau untuk keniakan harga ikan, selain karena faktor sembako juga karena pengaruh cuaca yang buruk," tambahnya.

Selain itu juga, kenaikan harga ikan diperkirakan karena momen akhir tahun. Yang mana biasanya masyarakat merayakannya dengan bakar ikan atau bakar ayam.